Senin, 25 Juli 2011

HISAB LEMRUHIS AL WUSTHA, AWAL RAMADHAN 1 AGUSTUS 2011

Lembaga Rukyat Hisab Pontianak al Wustha Yayasan Bi`tsatuth Thalabah, mengeluarkan hasil hisab untuk 1 Ramadhan 1432 Hijriyah jatuh pada hari Senin tanggal 1 Agustus 2011 Masehi. Keputusan merupakan hasil musyawarah 3 Juru Hisab yakni Abdul Chaliqurrahman, Untung Surapati dan Supardiyanto, di Markas Rukyat dan Badan Hisab Pontianak al Wustha, dengan daerah hisab 0 derajat 1 menit 43 detik LS dan 109 derajat 19 menit 51 detik BT.
Ditemui Sabtu (23/07/11), salah seorang Juru Hisab Abdul Chaliqurrahman mengatakan, berdasarkan hasil musyawarah 3 Juru Hisab, ijtima terjadi hari Minggu 31 Juli 2011, Pukul 01.45 WIB. Dengan ketinggian bulan/ hilal yang sangat tinggi saat matahari terbenam (telah mencapai ufuq) sebesar 6 derajat 2 menit.
Hisab dilakukan dengan menggunakan 3 data berbeda, yakni Almanak Ephemeris Win Hisab Kementrian Agama RI, Almanak Ephemeris Posisi Matahari dan Bulan Rinto Anugraha dari Fukuoka Jepang serta Almanak Ephemeris Mawaqlit 2011 Khafid dari Munich Jerman. Chaliqurrahman memperkirakan kemungkinan besar hasil hisab tersebut, disepakati para ahli hisab internasional di Indonesia.
Lebih lanjut, Chaliqurrahman meminta masyarakat tidak salah dalam memahami hasil hisab yang dikeluarkan, Lembaga Rukyat Hisab Pontianak al Wustha. Karena hasil tersebut hanya bersifat saran atau masukan dan tidak mengikat kaum muslimin. Begitu pula ormas Islam sebaiknya tidak menggunakan bahasa Menetapkan, tetapi lebih bijak jika menggunakan bahasa Hasil Hisab.
Hal ini agar tidak menimbulkan kebingungan di kalangan kaum muslimin. Karena keputusan untuk menetapkan 1 Ramadhan, 1 Syawal serta 1 Dzulhijjah sepenuhnya adalah kewenangan Pemerintah, dalam hal ini Kementrian Agama. Untuk itu dirinya mengajak seluruh kaum muslimin, menunggu pengumuman resmi dari Kementrian Agama tentang penetapan 1 Ramadhan 1432 Hijriyah.



0 comments:

Posting Komentar