Minggu, 17 Juli 2011

GUBERNUR SIAP TERAPKAN HASIL IIAS LAUSANNE SWIS

Gubernur Kalbar Cornelis mengaku banyak mendapatkan pelajaran berharga, selama mengikuti Kongres Lembaga Ilmu Adimistrasi Internasional (IIAS) di Lausanne Swis. Karena membahas sejumlah persoalan mendasar dalam penyelenggaraan pemerintahan, diantaranya masalah reformasi birokrasi, kepemimpinan serta pembiayaan pemerintahan daerah kedepan.
Kepada wartawan usai Rakor Penanggulangan Bencana Asap di Balai Petitih, Gubernuran Kalbar Jum`at (15/07/11), Cornelis menilai Kongres IIAS sangat penting, apalagi kaitannya dengan situasi dan kondisi dunia saat ini, yang menuntut setiap penyelenggara pemerintahan mencari sumber pembiayaan pembangunan daerah.
Jika tidak dilakukan mulai sekarang, maka kedepan pemerintah daerah akan mengalami kesulitan untuk membiayai pembangunan. Ditegaskan, Cornelis hasil kesepakatan Kongres IIAS dinilai sangat penting karena merekomendasikan beberapa poin strategis, untuk menjadi pertimbangan pemerintah dalam merumuskan kebijakan.
Cornelis melakukan perjalanan dinas selama 4 hari (4 s/d 8 Juli 2011) ke Swis, untuk menghadiri Kongres International Institute of Administrative Sciences (IIAS), dengan tema Permasalahan Global dan Regulasi Nasional : “tantangan regulasi strategis”. Agenda kongres diantaranya membahas manajemen pemanfaatan Sumber Daya Air, migrasi dan pertumbuhan populasi penduduk serta terobosan terhadap berbagai isu sosial yang memerlukan regulasi pemerintah.
Adapun pejabat/staf yang mendampingi yakni Ketua Tim Penggerak PKK Kalbar, Frederika, dan Kepala Bidang Sumber Daya Air Dinas PU Kalbar Bride Suryanusa serta seorang penerjemah. Sedangkan biaya atas seluruh perjalanan dinas ke Swis, sepenuhnya menjadi tanggungan APBD Kalbar Tahun Anggaran 2011.

0 comments:

Posting Komentar