Sabtu, 25 Juni 2011

PEMERINTAH INDONESIA LAYANGKAN PROTES ARAB SAUDI

Nasib tragis para Tenaga Kerja Indonesia/TKI yang bekerja di luar negeri karena tersangkut kasus hukum, menimbulkan keprihatinan mendalam dari berbagai elemen bangsa. Kasus terakhir yang membangkitkan emosional bangsa adalah hukuman pancung atas Ruyati binti Satubi (45) TKW asal Jawa Tengah di negara Arab saudi.
Dijumpai wartawan seusai menghadiri acara Advokasi Pengarusutamaan Gender di  Balai Petitih gubernuran Kalbar Selasa (21/06/11), Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Amalia Sari mengatakan, Menteri Luar Negeri telah melakukan protes pada Kerajaan Arab Saudi, melalui duta besar terhadap eksekusi hukuman pancung atas TKW asal Indonesia. Langkah diplomasi ditempuh pemerintah sebagai reaksi terhadap hukuman pancung, yang bukan baru sekali menimpa TKW asal Indonesia.
Linda Amalia mengakui pemerintah kurang memberikan arahan, terhadap para calon TKI yang diberangkatkan keluar negeri, terutama menyangkut tanggungjawab, kewajiban serta larangan yang harus dipatuhi.
Sebenarnya pemerintah telah menyarankan agar para pencari kerja mencari nafkah di dalam negeri saja, mengingat beberapa kejadian yang menimpa para TKI sangat memprihatinkan. Tapi pemerintah memang harus membenahi secara tuntas pola perekrutan, pengiriman, penempatan dan perlindungan TKI, sehingga kejadian serupa tidak terus berulang.  

0 comments:

Posting Komentar