Sabtu, 25 Juni 2011

BUPATI KUTAI TIMUR NAKHODAI APKASI

Bupati Kutai Timur asal Kalimantan Timur H. Isran Noor akhirnya terpilih secara aklamasi, sebagai Ketua Umum APKASI periode 2011 – 2013. Pemilihan tergolong cepat karena seluruh peserta yang menghadiri Munaslub Jum`at malam (24/06/11), menyepakati untuk memilih calon tunggal. Ditemui seusai Munaslub Ketua Umum APKASI, H. Isran Noor menyatakan hasil Rakernas VII selanjutnya diserahkan ke Menteri Dalam Negeri dan DPR paling lama dalam 10 hari.
Diharapkan hasil Rakernas berpengaruh signifikan terhadap proses pembangunan di daerah, terutama menuntut adanya revisii terhadap UU Nomor 32 tentang Pemerintah Daerah yang dinilai belum sepenuhnya mengakomodir kepentingan daerah. Hal ini penting, karena jika APKASI tidak berhasil mengungkit kemajuan pembangunan di daerah, melalui revisi kebijakan pemerintah pusat lebih baik APKASI dibubarkan saja.
Sedangkan bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan kembali menekankan perlunya penguatan ketahanan pangan, melalui optimalisasi sektor pertanian tanaman pangan. Sebab, tidak logis jika pemerintah berbicara tentang kemadirian daerah, tanpa mendorong terciptanya kemandirian pangan pada daerah tersebut. 
Sementara itu, total peserta yang mengikuti Rakernas VII & Munaslub APKASI di Kubu Raya, berasal dari 288 Kabupaten dari total 399 Kabupaten se Indonesia. Tidak semua Kabupaten diwakili langsung oleh Kepala Daerah atau wakil Kepala Daerah, karena beberapa diantaranya diwakili pejabat SKPD di daerah. Partisipasii Kabupaten dari Indonesia wilayah timur terbilang minim, sehingga menjadi tugas jajaran pengurus baru APKASI untuk mengajak semua Kabupaten tergabung dalam organisasi.
Dari Kalbar yang mengikutii mengikuti Rakernas VII & Munaslub yakni bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan, bupati Sanggau Setiman H. Sudin, bupati Pontianak Ria Norsan, bupati Kapuas Hulu AM. Nasir, bupati Kayong Utara Hildy Hamid, bupati Bengkayang Suryadman Gidot, bupati Landak  Adrianus Asia sidot serta bupati Sambas Juliarti Alwi.

0 comments:

Posting Komentar