Rabu, 20 April 2011

PERKUAT JANGKAUAN SIARAN RRI DI PERBATASAN

Masyarakat perbatasan meminta LPP RRI meperkuat jangkauan siaran, terutama pada wilayah perbatasan. Sehingga dapat mengeliminir berbagai informasi yang berasal dari luar, dan berpotensi menggangu keutuhan negara. Hal itu, diungkapkan anggota DPRD Sintang Herry Jamri dalam Dialog Interaktif di RRI Sintang Selasa (19/04/11). Dirinya mendorong LPP RRI memperkuat jangkauan siaran, hingga peran sebagai sabuk pengaman perbatasan berjalan optimal. Apalagi masyarakat di perbatasan Kalbar, masih terbilang sulit untuk mendapatkan informasi, sehingga keberadaan RRI sangat dibutuhkan untuk membuka isolasi melalui udara.
Dengan jangkauan yang luas, maka semua program pemerataan pembangunan ekonomi sosial dan budaya, dapat diinformasikan dengan benar. Sekaligus memperkuat kawasan perbatasan dengan tersedianya informasi yang diperlukan masyarakat, yang tentunya berdampak pada peningkatan wawasan kebangsaan dan Sumber daya manusia yang berkualitas.
Sementara itu, Ketua Korwil VI LPP RRI Ersna Rahesti mengakui belum semua masyarakat di perbatasan dapat mengakses siaran RRI, sehingga peran sebagai lembaga penyiaran belum optimal. Di RRI Entikong saja jangkauan siaran masih berada dalam radius 1 Kilometer, dan hal yang sama juga terjadi pada hampir semua studio produksi RRI yang tersebar di berbagai daerah perbatasan.
Lebih lanjut, Ersna Resty menyatakan, Tugas RRI sama dengan TNI dalam tanggungjawab menjaga wilayah perbatasan dan mempertahankan NKRI. Bedanya militer menggunakan senjata dalam menghalau musuh, sedangkan RRI menggunakan informasi. Untuk itu, RRI sangat mengharapkan partisipasi semua pihak, terutama Pemerintah Daerah dalam mendukung tugas dan optimalisasi penyiaran.


0 comments:

Posting Komentar