Kamis, 21 April 2011

ILUNI TINGKATKAN KOMPETENSI DOKTER DI DAERAH

Pemenuhan ketentuan Pengembangan Pendidikan Kedokteran Berkelanjutan/P2KB menuntut tersedianya sejumlah kegiatan ilmiah, untuk memenuhi kebutuhan kalangan dokter yang berpraktik maupun  akan melakukan registrasi ulang pada tahun 2011. Namun, kegiatan tersebut tidak selalu tersedia di sekitar tempat tugas dokter, sehingga seringkali para dokter harus menempuh jarak tertentu untuk memenuhi kebutuhan tersebut, dengan menyita waktu, biaya dan tenaga. Untuk itu, Ikatan Alumni Universitas Indonesia – Fakultas Kedokteran/ILUNI FK Angkatan 84, menjadwalkan Seminar Kapita Selekta Ilmu Kedokteran untuk dokter umum di Pontianak 9-30 April 2011.
Ditemui Kamis (21/04/11), Ketua Panitia Penyelenggara dr. IGN Virgiandhi mengatakan, sejak tahun lalu seluruh anggota ILUNI telah menyepakati, perlunya upaya peningkatan kemampuan dokter di berbagai daerah di Indonesia, terutama di luar kota besar. Sehingga ILUNI yang terdiri dari berbagai disiplin ilmu dan keahlian, memprakarsai kegiatan seminar di daerah sebagai bentuk pendekatan pada dokter di daerah. Sebelum digelar di Kota Pontianak, kegiatan serupa juga telah dilakukan di Jakarta dan Batam tahun 2009 lalu
Lebih lanjut, Virgiandhi menjelaskan, kegiatan juga diarahkan untuk membantu para dokter dalam memenuhi ketentuan UU Nomor 29 tahun 2004 Tentang Praktik Kedokteran Pasal 3, yang mengamanatkan seluruh dokter dan dokter gigi di Indonesia wajib mempertahankan dan ningkatkan profesionalisme. Sehingga dapat memenuhi standar kompetensi dalam memberikan pelayanan mandiri pada masyarakat.   

1 comments: