Senin, 18 April 2011

DISDIKNAS KOTA PONTIANAK SIAP LAKSANAKAN UN

PONTIANAK. Dinas Pendidikan Nasional Kota Pontianak telah siap untuk menggelar UN tahun Akademik 2010/2011, yang dimulai 18-21 April 2011. Seluruh naskah soal telah didistribusikan ke semua sub rayon dan mendapat penjagaan ketat dari aparat kepolisian agar tidak bocor. Sesuai arahan gubernur Kalbar, dalam pendistribusian soal, dimonitoring langsung oleh Walikota Pontianak. Dihubungi Minggu (17/0/11) Kepala Dinas Pendidikan Kota Pontianak, Mulyadi, M.Si menyatakan, bahwa naskah soal untuk Kota Pontianak telah diterima dari Provinsi Minggu siang. Sebelum didistribusikan ke sub rayon terlebih dahulu diperiksa. Selama berada di sub rayon, seluruh naskah dijaga para petugas keamanan 24 jam, yang terdiri dari anggota sub rayon masing-masing.
Dijelaskan Mulyadi bahwa soal UN baru dapat diambil pihak sekolah Senin, sebelum dimulainya pelaksanaan UN di rayon masing  - masing. Pengambilan soal tidak bisa sekaligus, tapi harus satu persatu, berdasarkan mata pelajaran yang diujiankan pada hari tersebut. Kepada seluruh pengawas UN juga telah diberikan pengarahan, harus datang lebih awal daripada siswa peserta. Paling lama satu jam sebelum pelaksanaan. Setelah datang, pengawas langsung masuk ke ruang pelaksanaan,” tuturnya sembari meminta kepada pengawas agar menyambut siswa dengan senyum, keramahan dan kasih sayang. “Ini dilakukan agar secara mental dan psikologis, anak-anak lebih nyaman dalam mengisi soal-soal ujian,” Dia juga meminta pengawas tidak usah terlalu tegang dalam mengawasi para pelajar melaksanakan UN tahun ini.
Di samping itu, Mulyadi menghimbau para siswa jangan percaya dengan berbagai macam isu yang berkembang dan menyesatkan. Pengalaman tahun lalu membuktikan, banyak siswa yang tidak lulus pada ujian pertama karena mempercayai isi kunci jawaban palsu yang disebarkan melalui SMS, oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.
Sementara Wakil Walikota Pontianak, Paryadi, S.Hut juga meminta kepada seluruh guru maupun orang tua, bersama-sama mendoakan agar anak-anak diberikan kemudahan dan kekuatan mengerjakan soal ujian.
Dirinya secara khusus berpesan kepada para siswa agar terus belajar, untuk memantapkan kesiapan diri dalam mengisi soal-soal ujian. Selain itu, kepergian anak dari rumah, juga harus diperketat. Jangan sampai aktivitasnya di luar rumah justru mengganggu belajar dan tidak ada hasil yang bermanfaat.
Berdasarakan data dari Dinas Pendidikan Nasional Kota Pontianak, jumlah peserta UN Tahun Akademik 2010/2011 mencapai 8.727 siswa. Terdiri dari 5.554 pelajar SMA/MA/SMA Luar Biasa dan 3.173 siswa SMK.

0 comments:

Posting Komentar