Senin, 14 Maret 2011

STAIN PONTIANAK TINGKATKAN STATUS MENJADI IAIN ATAU UIN

STAIN Pontianak terus berupaya untuk meningkatkan status kelembagaan, menjadi IAIN atau UIN. Upaya yang kini tengah ditempuh untuk perubahan status, yakni mencoba mengikuti program IDB/ Islamic Development Bank. Ditemui Selasa (08/03/11) Ketua STAIN Pontianak Dr. Hamka Siregar menyatakan, tujuan mendasar perubahan status menjadi IAIN, adalah penguatan kelembagaan baik yang bersifat akademis maupun non akademis, sesuai tuntutan masyarakat luas yang menghendaki suatu perkembangan yang dinamis. Salah satu indikator yang menjadi syarat peningkatan status kelembagaan adalah, kualifikasi pendidikan tenaga dosen. Untuk itu, pihaknya mendorong agar para dosen yang mengajar di STAIN Pontianak, meningkatkan kulalifikasi pendidikan menjadi S-2 maupun S-3. Saat ini hampir seluruh tenaga pengajar, telah menyelesaikan program studi S-2. Sementara yang tengah menempuh program S-3 mencapai 40 orang. Ditargetkan pada tahun 2011, sekitar 50 persen tenaga pengajar di STAIN Pontianak telah meraih gelar doktor.
Di bagian lain, Hamka menjelaskan jika STAIN Pontianak membuka program pasca sarjana (S-2) pada tahun akademik 2011 – 2012. Program yang dibuka adalah program studi Pendidikan Agama Islam – PAI. Hal ini tentunya memberi kesempatan bagi para alumni Perguruan Tinggi Agama Islam maupun masyarakat, untuk meningkatkan kemampuan profesional dan kapasitas intelektual. Pembentukan program magister agama Islam ini, tentunya berdampak terhadap peningkatan mutu pendidikan, khususnya yang berbasis keagamaan.
Pendaftaran untuk program S-2 telah dimulai 7 Maret 2011, dengan jumlah sekitar 60 orang atau 2 kelas, masing – masing 1 kelas untuk reguler dan 1 kelas untuk non reguler. Adapun tes penjaringan mahasiswa meliputi ; tes potensi akademik serta kemampuan bahasa Arab dan bahasa Inggris. Menyangkut biaya kuliah, Hamka menyatakan, pihak STAIN telah mengambil kebijakan, dengan menyamakan biaya program S-2 di Universitas Tanjungpura.
Sementara pendaftaran program S-1, untuk jalur PMDK dimulai 03/01/11 – 05/02/11, sedangkan reguler untuk gelombang pertama 25/04/11 – 14/05/11dan gelombang kedua 06/05/11. Penerimaan mahasiswa reguler sebanyak 500 orang kemudian program khusus dan dualmute system sekitar 250 orang. Total jumlah penerimaan mahasiswa baru tahun akdemik 2011 – 2012 IAIN Pontianak mencapai 800 orang.


0 comments:

Posting Komentar