Rabu, 16 Maret 2011

PT. KSEI GENCARKAN SOSIALISASI KEPEMILIKAN KARTU AKSes

PT. KSEI (Kustodian Sentral Efek Indonesia) kembali mengkampanyekan kepemilikan Kartu AKSes/ Acuan Kepemilikan Sekuritas, kepada investor pasar modal Indonesia. Kali ini yang menjadi target perluasan kepemilikan Kartus AKSes adalah investor asal Kalbar, khususnya Kota Pontianak dan Singkawang. Menggandeng puluhan jurnalis lokal, PT. KSEI mengharapkan peran aktif media dalam mengedukasi para investor, mengenai hak kepemilikan terhadap Kartu AKSes. Sekaligus meningkatkan pemahaman kalangan investor tentang pemanfaatan Kartu AKSes bagi monitoring terhadap pergerakan saham di pasar modal. Ditemui seusai Workshop Sosialisasi Kartu AKSes di Pontianak Rabu (16/03/11), Kepala Divisi Pengembangan Layanan Jasa PT. KSEI Syafruddin mengatakan, Kartu AKSes memberikan kontrol penuh pada setiap investor, untuk mengawasi secara mandiri portofolio investasi masing – masing secara online dan real time. Dengan melakukan login dan monitoring melalui Kartu AKSes, maka investor dapat membuktikan jika pasar modal Indonesia berjalan secara transparan dan akuntabel. Pemisahan rekening dana nasabah dan rekening dana milik perusahaan Efek yang dapat diakses melalui website AKSes, sejalan dengan ketentuan yang dipersyaratkan Bapepam tahun 2010. Fungsi lain dari Kartu AKSes bagi investor yakni memuat nomor identitas investor yang berlaku sebagai single investor identity di pasar modal Indonesia. Di sisi lain, dirinya menjamin seluruh kerahasiaan dan keamanan data investor di pasar modal, melalui perangkat, sistem dan regulasi yang ketat.
Di tempat yang sama, Kepala Bidang Komunikasi Perusahaan PT. KSEI Zylvia Thirda mengakui, sejak diluncurkan Juni 2009 lalu pemegang Kartu AKSes belum begitu menggembirakan. Untuk itulah pihaknya mengencarkan sosialisasi pemakaian Kartu AKSes ke berbagai daerah, termasuk mengajak partisipasi aktif media. Bahkan, pihaknya mengajak seluruh media cetak maupun elektronik untuk berkompetisi, dalam memproduksi artikel ataupun foto yang berkaitan dengan Sosialisasi Kartu AKSes.
Lebih lanjut, Zylvia Thirda menyatakan, PT. KSEI menargetkan kepemilikan Kartu AKSes meningkat sebesar 50 % hingga Mei 2011, dari total sub rekening yang tercatat. Idealnya seluruh investor memegang Kartu AKSes, seperti yang dipersyaratkan Bapepam. Saat ini kepemilikan Kartu AKSes baru mencapai 44. 595 investor, dari total sebanyak 231. 375 sub rekening yang tercatat di KSEI.  

0 comments:

Posting Komentar