Kamis, 24 Maret 2011

MINA POLITAN KEBIJAKAN STRATEGIS KALBAR

Dinas Kelautan dan Perikanan - DKP Provinsi Kalbar memantapkan program pembangunan Mina Politan, untuk menjadikan sektor perikanan sebagai ujung tombak memacu produksi perikanan. Pembangunan Mina Politan atau kota perikanan difokuskan pada wilayah pesisir, dimaksudkan untuk menumbuhkan titik – titik petumbuhan ekonomi baru di Kalbar.
Ditemui seusai menghadiri Rapat Kerja dengan Komisi B DPRD Kalbar Rabu (23/03/11), Kepala Bidang Perikanan Tangkap DKP Provinsi Kalbar Himawan Guntoro menyebutkan, konsep Mina Politan merupakan kebijakan strategis, yang bertujuan memacu produksi ikan, meningkatkan pendapatan nelayan serta pengembangan budidaya ikan. Namun, saat ini yang baru Kabupaten Sambas yang merespon untuk membangun kawasan ekonomi perikanan.
Disamping itu, pihaknya juga menyikapi peluang ekonomis dari pendekatan kelautan menjadi pendekatan darat, melalui program perikanan budidaya.  Khusus untuk budidaya perikanan Kalbar mendapatkan alokasi dana sebesar 3 milyar rupiah dari APBN Tahun 2011, untuk penyaluran bantuan Pengembangan Usaha Mina Pedesaan - PUMP di 7 Kabupaten.
Sementara itu, Wakil Ketua Komisi B DPRD Kalbar menyayangkan sektor kelautan dan perikanan di Kalbar, tidak menjadi prioritas Pemerintah Pusat untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional yang tertuang dalam 6 koridor ekonomi. Padahal, Kalbar memiliki potensi perikanan yang luar biasa, baik produk ikan tangkap maupun perikanan budidaya. Jika potensi perikanan dapat tergarap secara maksimal, tentunya berdampak signifikan terhadap masyarakat, daerah maupun pertumbuhan ekonomi nasional.  
Awang Sofyan menyatakan Komisi B DPRD dalam waktu dekat merencanakan pertemuan dengan DKP dan Bappeda Kalbar, untuk membahas dan mempertajam program sektor kelautan dan perikanan. Sehingga dapat terkomodir dalam kebijakan Pemerintah Pusat, dalam konteks mempercepat perumbuhan ekonomi nasional. Bahkan, jika memang diperlukan DPRD mengusulkan adanya Rapat Kerja dengan Kementrian Kelautan dan Perikanan untuk membahas pengembangan sektor kelautan dan perikanan di Kalbar secara menyeluruh, mulai dari kebijakan, program, peningkatan produksi, daya saing, akses pasar hingga pengutan kelembagaan.


0 comments:

Posting Komentar