Jumat, 02 Juli 2010

TNI TETAP NETRAL DI KALBAR


Kasad Jendral TNI George Toisutta mengucapkan terima kasih atas dukungan Pemerintah Daerah Kalbar, terhadap pembentukan Kodam XII Tanjungpura. Meskipun sempat mundur 1 bulan dari jadwal semula, namun tanpa adanya bantuan dari Pemda mungkin realisasi Kodam XII masih membutuhkan waktu yang lama. Kodam XII Tanjungpura dinilai sebagai Kodam legendaris, karena sebelumnya bermarkas di kota Pontianak Kalbar. Penegasan tersebut disampaikan George Toisutta saat memberikan sambutan, dalam acara silaturahmi dengan Muspida Kalbar di Balai Petitih Kamis malam (01/07/10). Dirinya berharap Pemerintah Daerah terus memberikan dukungan, sebab di awal berdirinya Kodam XII Tanjungpura bakal menghadapi bayak hambatan dan tantangan. Secara khusus Kasad meminta calon Pangdam Mayjend Moeldoko untuk tetap tegar menghadapi berbagai tantangan, karena berbagai kesulitan yang dihadapai bakal membentuk karakter seorang prajurit lebih kokoh dan tangguh. Dan hal itu merupakan modal dasar untuk menjadi seorang pemimpin. 
Kasad juga sempat berkelakar kenapa tidak memilih Mayjed Tan Aspan yang kelahiran Sambas sebagai Pangdam, namun memilih Mayjend Moeldoko. ”Saya khawatir jika teman saya Tan Aspan diangkat jadi Pangdam, nanti Markas Kodam lalu dipindahkan ke Sambas”. Hal ini langsung disambut tawa oleh seluruh undangan yang hadir.
Lebih lanjut Kasad mengatakan, sesuai permintaan gubernur Kalbar agar salah satu posisi strategis di Kodam dijabat perwira putra daerah, maka telah dipenuhi Mabes TNI AD. Dimana jabatan Kepala Staf Kodam (Kasdam) diamanatkan pada Armin Alianyang, yang merupakan salah satu putra pahlawan nasional Ali Anyang. Bahkan posisi Danrem juga dijabat putra daerah yakni Kol (inf) Totok Rinanto. Diharapkan dengan tampilnya beberapa putra daerah dalam jajaran Kodam XII Tanjungpura, dapat membantu Pemerintah Daerah dan Masyarakat serta berkoordinasi dengan institusi Polri. Dan hal yang terpenting adalah TNI mencintai rakyat dan begitu pula sebaliknya. 
Disamping itu` Kasad kembali menegaskan tentang netralitas TNI, meskipun Kodam berada di Kalbar. Sesuai dengan tugas pokok dan fungsi TNI, maka Kodam tidak akan berpihak pada salah satu kelompok maupun golongan,” melainkan tetap berpihak pada rakyat. Bahkan tidak ada perubahan kebijaksanaan dalam Kodam, dan jika Pemerintah Daerah membutuhkan bantuan maka akan segera direalisasikan.  
Sementara itu` gubernur Kalbar Cornelis MH mengatakan, pada tahap awal pembentukan dan pelaksanaan tugas maupun fungsi Kodam XII Tanjungpura, tentu bakal menghadapi kondisi sarana dan prasarana yang masih membutuhkan perbaikan. Markas yang saat ini dipergunakan Kodam beserta jajarannya, merupakan gedung yang sama ketika Kodam XII Tanjungpura masih berlokasi di Pontianak sekitar 20 tahun silam. Sebelum dilikuidasi dan tergabung dalam Kodam VI Tanjungpura yang bermarkas di Balikpapan Kaltim. Namun` dirinya yakin dengan adanya komitmen dari pemimpin TNI AD, kondisi tersebut bakal berubah dan pembangunan Markas Kodam XII Tanjungpura yang lebih representatif bakal terealisasi dalam waktu dekat.

0 comments:

Posting Komentar