Jumat, 02 Juli 2010

KOMITMEN PANGDAM XII TANJUNGPURA


Pangdam XII Tanjungpura Mayjend TNI Moeldoko berjanji memberikan pengabdian yang terbaik bagi masyarakat Kalbar dan Kalteng, dengan mendukung stabilitas daerah. Hal itu dijabarkan dalam bentuk pengamanan terhadap teritorial wilayah sesuai tugas pokok dan fungsi TNI, dari berbagai potensi gangguan dan keamanan daerah. Demikian penegasan Pangdam saat ditemui di kediamannya Kamis pagi (01/07/10). Dirinya menyebutkan 3 program yang diusung untuk mengefektifkan kinerja Kodam, yakni membangun unsur kerja dan mekanisme hubungan kerja. Karena segalanya masih baru, maka harus diperkuat. Kedua membangun harmonisasi dengan semua pihak, antara lain Pemerintah Daerah, pihak Kepolisian serta masyarakat. Dan ketiga melakukan sosialisasi atas keberadaan Kodam di Kalbar. Khusus untuk program kedua dan ketiga, dirinya sangat mengharapkan dukungan dari media, dalam meberikan informasi yang cepat dan tepat tentang Kodam pada masyarakat. Terutama menepis kekhawatiran jika kehadiran Kodam di Kalbar bakal membatasi gerak dan aktiftas masyarakat, justru dengan dibangunnya kembali Kodam semakin mendukung terciptanya keamanan dan ketertiban daerah. TNI bukan untuk ditakui” tegas Pangdam”.
Pangdam menegaskan pengembangan organisasi Kodam tidaklah disertai dengan penambahan personil, tetapi cukup dengan mengoptimalkan personil yang ada. Menyangkut pengamanan di kawasan perbatasan, selain menginventarisir segala potensi rawan, mengevaluasi kinerja selama ini, pihak Kodam juga menerima masukan dari masyarakat sebagai pertimbangan membuat kebijakan dalam pengamanan menyeluruh ke depan. Dirinya mengakui jika perubahan yang cepat di masyarakat harus segera direspon oleh TNI, baik secara institusi maupun personil. Konsekuensinya dinamika organisasi juga harus berkembang.
Terkait Sekar Malindo yang sebelumnya berada di bawah koordinasi Kodam VI Tanjungpura, menyusul berdirinya Kodam XII Tangjungpura, memungkinkan adanya sedikit perubahan terkait lokasi pelaksanaan. Misalnya pada tahun ini digelar di Kaltim, tidak menutup kemungkinan tahun depan digelar di Kalbar. 

0 comments:

Posting Komentar