Selasa, 06 Juli 2010

2 PEMILIH SILUMAN WARNAI PEMILUKADA PUTARAN KEDUA KETAPANG

Aksi pemilih siluman kembali mewarnai Pemilukada putaran kedua kabupaten ketapang, yang digelar Senin (05/07/10). 2 oknum warga tertangkap tangan telah menyoblos di TPS 02 desa Kalinilam Kecamatan Delta Pawan, dengan menggunakan Formulir C-6 atau Kartu Undangan atas nama orang lain. Kejadian berawal dari kecurigaan salah seorang warga terhadap kedua oknum tersebut, karena selama ini tidak pernah tinggal di wilayah TPS 02. Apalagi setelah ditanyakan, keduanya tidak dapat menunjukkan identitas diri berupa Kartu Tanda Penduduk – KTP yang beralamat di TPS 02. Hal ini segera dilaporkan warga ke Panitia Pengawas Kecamatan – Panwascam, dan aparat kepolisian. Untuk menjaga kemungkinan terjadinya amukan massa, kini keduanya diamanakan aparat di Mapolres ketapang. Ditemui, Ketua Panwaslu Kabupaten Ketapang Kuswidiyantoro belum dapat menyebutkan identitas kedua pemilih siluman yang tertangkap, karena pemeriksaan baru dilakukan selasa, dengan mengundang sejumlah orang saksi, termasuk memeriksa barang bukti, yakni formulir C – 6. Jika hasil pemeriksaan kemudian menunjukkan pelanggaran telah memenuhi semua unsur kelengkapan, proses hukum dilanjutkan melalui penegakkan hukum terpadu – gakkumdu.
Pasca berakhirnya pemungutan suara, seluruh PPS langsung menyerahkan kotak suara ke masing – masing PPK. Bahkan PPK Sungai Melayu Rayak yang telah komplit menerima kotak suara dari PPS, langsung menggelar Pleno Penghitungan suara. Namun` untuk kecamatan yang berada di wilayah pedalaman, belum diperoleh informasi.
Menyangkut perolehan suara 2 kandidat bupati dan wakil bupati Ketapang periode 2010 – 2015, untuk sementara pasangan calon Yasir Ansyari – Martin Rantan unggul dengan meraih 21. 000 suara. Sedangkan pasangan calon Hendrikus – Boyman Harun meraih 9. 000 suara. Jumlah pemilih dalam DPT Pemilukada putaran kedua, masih sama dengan putaran pertama yakni 307. 297 pemilih. Kondisi Ketapang sendiri, relatif aman dan kondusif.

0 comments:

Posting Komentar