Selasa, 18 Mei 2010

SELEBARAN GELAP SUDUTKAN PASANGAN SIMON PETRUS - RUPINUS


Belasan anggota Tim Koalisi Serius Selasa malam (18/05/10) mendatangi Panwaslu Kabupaten Sekadau. Kedatangan mereka untuk melaporkan adanya selebaran gelap, yang merusak citra pasangan calon bupati dan wakil bupati nomor urut 4 Simon Petrus – Rupinus. Mereka juga menuntut Panwaslu dan aparat kepolisian mengusut tuntas serangan kampanye hitam, yang berpotensi menggangu pelaksanaan Pemilukada. 
Ditemui` Sekretaris Tim Koalisi Serius Marcus mengatakan, “selain memalsukan tanda tangan Simon Petrus, oknum yang membuat selebaran gelap juga mengidentikkan pasangan calon yang diusung melakukan Politik Uang. Pasalnya dalam surat tersebut Simon Petrus menjanjikan bonus uang bagi Tim Sukses jika berhasil mengantarkan dirinya, menduduki kursi bupati Sekadau Periode 2010- 2015. 
Dengan nilai uang bervariasi, tergantung posisi dan wilayah kerja masing – masing Tim Sukses. Untuk Tim Sukses yang berada di TPS mendapatkan bonus sebesar 25 ribu rupiah per suara, di tingkat desa 50 ribu rupiah per suara dan di tingkat Kecamatan sebesar 100 ribu rupiah per suara. Sedangkan bagi Kepala Desa mendapatkan bonus sebesar 500 ribu rupiah.
Dikonfirmasi` Ketua Panwaslu Kabupaten Sekadau Syamsul Muarif berjanji menindaklanjuti pengaduan yang yang disampaikan, dengan melibatkan aparat kepolisian. Dirinya meminta pihak pelapor menahan diri dan melakukan tindakan yang justru memperkeruh suasana. Namun` menyerahkan sepenuhnya penanganan kasus pelanggaran dalam pemilukada pada Panwaslu serta institusi kepolisian.
Syamsul Muarif menyebutkan tercatat 4 pengaduan yang telah masuk ke pihak Panwaslu Sekadau, sejak berlangsungnya tahapan pemilukada. Yakni laporan tentang pemasangan spanduk yang menyudutkan salah satu pasangan calon, temuan baliho yang provokatif serta pengrusakan baliho pasangan calon. Dan terakhir laporan adanya selebaran gelap. 
Sementara itu` suhu politik kabupaten Sekadau terus memanas, menyusul berbagai manuver maupun trik politik, yang dilduga memiliki kaitan erat dengan persaingan 5 pasangan calon bupati dan wakil bupati yang bertarung. Kendati demikian` secara umum kondisi daerah masih relatif aman dan kondusif, belum menimbulkan gejolak yang berarti.

0 comments:

Posting Komentar