Kamis, 06 Mei 2010

PT. ANTAM BUKA 2 TAMBANG BAUKSIT

PT. Aneka Tambang (Antam) segera membangun 2 unit pabrik penambangan bauksit baru di Kalbar, untuk meningkatkan produksi Alumina sebagai komponen utama pengolahan alumunium. Masing – masing di Mempawah Kabupaten Pontianak dan Tayan Kabupaten Sanggau, melalui proyek Chemical Grade Alumina (CGA) dan Smelter Grade Alumina (SGA) pada tahun 2011 mendatang.
Ditemui Rabu (05/05/10), Direktur Senior PT. Aneka Tambang A. Tjandra mengatakan untuk mempercepat realisasi pembangunan pabrik, maka dalam waktu dekat bakal dibangun 2 Powerplan, masing – masing 57 MW di Mempawah dan 56 MW di Tayan. Dengan demikian sumber energi listrik tidak dipasok dari PT. PLN, namun membangun mesin pembangkit listrik yang terintegrasi dengan pabrik alumina.
Sementara` Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kalbar Dody Suryawardaya mengatakan, “saat ini 50 % bahan baku alumina untuk memproduksi aluminium pada pabrik di Mempawah, masih dipasok dari luar Kalbar. Diharapkan dengan pembukaan 2 pabrik tersebut, dapat memenuhi pasokan bahan baku bagi pabrik alumunium lokal, sekaligus meningkatkan cadangan bauksit nasional.
Hingga Desember 2010` total estimasi cadangan bauksi PT. Antam di Kalbar meningkat sebanyak 104, 5 juta WMT (Wet Metric Ton) atau meningkat 47 %, dibanding September 2009 sebanyak 100 juta WMT (Wet Metric Ton). Pembangunan pabrik di Tayan dan Mempawah merupakan 2 lokasi pertambangan baru, yang dipersiapkan pasca tutupnya penambangan di Kijang Bintan, sekaligus mendukung program ekspor bauksit olahan di masa mendatang.

0 comments:

Posting Komentar