Minggu, 23 Mei 2010

BUPATI SEKADAU NYATAKAN PEMILUKADA SUKSES


Bupati Sekadau Simon Petrus meyatakan perhelatan Pemilukada yang digelar berjalan sukses, dan kini tinggal menunggu proses penetapan pemenang melalui pleno di KPU. Meskipun sempat diwarnai insiden mobilisasi remaja di bawah umur untuk menyoblos di hari pemungutan suara, namun tidaklah serta merta mencoreng ajang pemilukada. Dirinya memandang hal itu merupakan dinamika politik dan warna dari demokrasi. 
Ditemui Sabtu (23/05/10) Simon Petrus memuji sikap seluruh kontestan dan masyarakat, yang menyikapi adanya indikasi pelanggaran mengikuti mekanisme yang berlaku. Namun` dirinya juga mengakui beberapa hal masih perlu dibenahi, terutama meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menyalurkan hak pilih. Meskipun belum diketahui angka pastinya, namun diprediksi angka pemilih yang tidak menyoblos cukup tinggi.
Sementara itu` menyusul rampungnya pleno rekapitulasi perolehan suara di tingkat PPK, kini tahapan Pemilukada tingggal menunggu Pleno di KPU. Menurut jadwal pleno dimulai 24 – 29 Mei 2010, dan mengambil tempat di Aula Asrama Pemda Sekadau. Ketua KPU Kabupaten Sekadau Subandrio optimis rapat pleno rekapitulasi perolehan suara berlangsung aman dan tertib, sesuai tahapan yang telah dijadwalkan. 
Di bagian lain` belakangan Panwaslu Kabupaten Sekadau juga mulai menyoroti banyaknya laporan warga yang kehilangan hak suara, akibat tidak terdaftar dalam Daftar Pemiluh Tetap - DPT. Diduga luputnya warga dari pendataan karena Petugas Pemutakhiran Data Pemilih - PPDP, yang direkrut KPU tidak profesional dan terkesan asal comot.

0 comments:

Posting Komentar