Kamis, 13 Mei 2010

ANGGOTA DPD PANTAU PEMILUKADA 6 KABUPATEN

Bukan hanya anggota DPR RI yang memonitor pelaksanaan Pemilukada serentak di 6 kabupaten di Kalbar, ternyata anggota PD RI juga ikut memantau tahapan pemilukada yang digelar di beberapa daerah. Salah satunya adalah ajang debat kandidat bupati dan wakil bupati Sekadau Kamis (13/05/10,) yang disaksikan langsung oleh anggota DPD asal Kabar Irma Suryani Ranik. 
Dirinya menilai materi perdebatan masih jauh dari kategori ideal. Bukan hanya pertanyaan dari 4 orang panelis yang masih bersifat umum dan belum mengukur kemampuan intelektual masing - masing kandidat, isu yang dibawa dan jawaban dari 5 pasangan calon pun masih normatif belum menyentuh substansi persoalan yang dihadapi masyarakat Sekadau, antara lain minimnya infrastruktur dasar dan terbatasnya sarana kesehatan.
Di bagian lain` Irma juga sangat menyesalkan absennya pasangan calon Pensong - Wilbertus Willy dalam ajang debat kandidat, padahal momen ini sangat strategis untuk membangun pencitraan positif.  Karena dapat menjadi media untuk menjabarkan program kerja sekaligus meraih simpati melalui kemampuan dialog.
Kendati demikian dirinya merespon positif keputusan KPU Kabupaten Sekadau yang memasukkan forum debat dalam agenda pemilukada, sebagai suatu kemajuan berdemokrasi. Ditemui seusai debat kandidat ,Irma Suryani Ranik mengakui, disamping memberikan pendidikan politik pada masyarakat sekaligus meningkatkan pemahaman masyarakat tentang arti demokrasi, melalui ajang debat masyarakat dapat membandingkan potensi yang dimiliki setiap pasangan calon, baik dari visi dan misi yang diusung maupun dari segi kualitas intelektual masing - masing kandidat serta langkah solutif yang diambil dalam merespon persoalan sosial di daerah. 
Irma Suryani Ranik menyebutkan, selain Sekadau 2 kabupaten lain yang masuk dalam monitoring penyelenggaraan Pemilukada di kalbar, yakni Kabupaten Melawi dan Bengkayang. Meskipun tidak bertajuk agenda formal DPD namun dirinya merasa bertanggungjawab terhadap kesuksesan penyeenggaraan Pemilukada di Kalbar. untuk itu Irma mengajak seluruh elemen masyarakat menyukseskan agenda pemilukada, sehingga suksesi kepemimpinan di tingkat lokal berjalan secara natural.

0 comments:

Posting Komentar