Jumat, 30 April 2010

KASUS KEHILANGAN ASSET RUMAH DINAS TERUS DITANGANI


Kasus kehilangan berbagai jenis perabotan di Rumah Dinas Ketua DPRD Kalbar beberapa waktu lalu, hingga saat ini belum memiliki kejelasan hukum. Meskipun Inspektorat Provinsi telah menyerahkan hasil inventarisir barang kepada Sekretaris Daerah, namun kasusnya belum juga dilimpahkan ke pihak penyidik. 
Ditemui di ruang kerjanya Kamis siang (29/04/10), Sekretaris DPRD Kalbar Bambang Surahmat mengatakan` laporan atas kehilangan barang yang merupakan asset negara telah dilaporkan ke Sekretaris Daerah. Namun` penanganan kasusnya secara hukum, sepenuhnya kewenangan pihak eksekutif. 
Dirinya menegaskan semua perabotan atau perkakas di rumah jabatan, baik dalam ruangan maupun di luar ruangan merupakan asset daerah dan tercatat dalam Daftar Inventarisasi Asset. Sehingga pemindahan terhadap barang maupun diperbaiki karena ada yang rusak, tentunya harus sepengetahuan Biro Pengelolaan Asset Daerah.
Bambang Surahmat menyebutkan` sebagian perabotan yang hilang antara lain ; 1 unit AC, 1 unit Kulkas serta seperangkat meja dan kursi di ruangan tamu. Salah seorang Petugas Keamanan menyaksikan jika perabotan di Rumah dinas tersebut, diangkut menggunakan 2 unit truk ketika rumah telah dikosongkan oleh penghuni lama, yakni mantan Ketua DPRD Kalbar periode 2004 – 2009 H. Zulfadhli. Total kerugian negara atas kehilangan barang, mencapai 490 juta rupiah.

0 comments:

Posting Komentar