Sabtu, 20 Maret 2010

FOKUS PENGEMBANGAN 5 KABUPATEN PERBATASAN

Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal – PDT pada tahun 2010, memfokuskan pembangunan desa tertinggal di 5 Kabupaten perbatasan Kalbar, yakni Kabupaten Sambas, Bengkayang, Sanggau, Sintang, dan Kapuas Hulu. Disamping sesuai dengan amanat Undang – undang, juga sesuai dengan program pemerintah yakni, pengembangan daerah terpencil, terluar dan pedalaman. 
Ditemui seusai mengadakan pertemuan dengan jajaran Pemerintahan Provinsi Kalbar Kamis siang (20/03/2010), Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal – PDT Helmy Faishal Zaini mengatakan, program yang diusung untuk mengembangkan kawasan perbatasan adalah, membangun wilayah pedesaan. Selain membangun pasar desa, juga mempersiapkan Pembangkit Listrik Tenaga Surya - PLTS serta ketersediaan sarana air bersih.
Menyangkut program bedah desa, Helmy Faishal Zaini menyebutkan, jumlahnya sebanyak 15 kecamatan dan 40 desa, mengikuti lintasan jalan pararel Sambas – Kapuas Hulu. Namun` untuk alokasi anggaran, hingga saat ini masih disisir dan prosesnya masih dipelajari, sebab terdapat 9 Kabupaten yang mengusulkan program pembangunan daerah tertinggal ke Pemerintah Pusat. 
Helmy menyebutkan dari 72 ribu desa di Indonesia, tercatat 32 ribu diantaranya masuk kategori desa tertinggal. Dengan rincian 60 % berada di kabupaten tertinggal. Sementara dari 483 kabupaten yang ada, tercatat 183 diantaranya masih tergolong kabupaten tertinggal.


0 comments:

Posting Komentar