Rabu, 30 Desember 2009

TAMPILKAN PRODUK PERIKANAN DI PASAR LELANG KOMODITAS

Sejumlah pengusaha asal pulau Jawa menghendaki agar pasar lelang komoditas Kalbar, juga menampilkan hasil produk sektor perikanan. Bukan dominan komoditas dan turunan produk sektor pertanian, yang justru pangsa pasarnya telah dibanjiri oleh pabrikan daerah lain.

Ditemui seusai mengikuti pasar lelang komoditas Kalbar ke XV di Cafe Randayan Kabupaten Kubu Raya Selasa Siang (29/12/2009), salah seorang pengusaha asal Semarang, Jawa Tengah, Atika Sutiana mengatakan, disamping menampilkan produk yang berkualitas dan dipamerkan dalam kemasan menarik, produk yang dipasarkan sebaiknya juga mengikuti kebutuhan pasar dan diprediksi memiliki nilai jual dan permintaan yang relatif stabil.

Untuk itu` peran Dinas Perindustrian dan Perdagangan sangat penting, bukan saja jaminan terhadap suatu produk namun juga menjaga iklim usaha tetap kondusif.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kalbar, Dody Surya Wardaya mengatakan, disamping sebagai ajang promosi berbagai komoditas dan produk turunan, “pasar lelang juga upaya memperpendek jalur distribusi produk pertanian, dari tingkat petani menuju pabrikan, yang selama ini dikuasai para tengkulak.

Dody menyebutkan, pasar lelang ke XV, berhasil memasarkan 4 komoditas unggulan Kalbar, yakni : Kakao, Karet, Talas dan Kentang. Dengan total transaksi mencapai Rp. 578. 000. 000,-. Meningkat dibanding pasar lelang ke XIV 24 Desember lalu, dengan jumlah transaksi untuk 3 komoditas dan nilai transaksi sebesar Rp. 400. 000. 000,-

0 comments:

Posting Komentar