Jumat, 27 Maret 2009

PELUANG PAN – PKS PADA PEMILU 2009

Semakin banyak anggota masyarakat yang kecewa dan kehilangan kepercayaan pada figur dari partai nasionalis, baik di DPR RI maupun DPRD provinsi dan kabupaten kota. Membuka peluang para caleg dari partai-partai Islam seperti PAN dan PKS, untuk menjadi pilihan massa mengambang pada pemilu legislatif 2009.
Hal itu diungkapkan cendikiawan muslim Pontianak Zumri Bustado, mengomentari peluang PAN pada pemilu nanti, di tengah krisis kepercayaan masyarakat terhadap hasil kinerja para legislator. Menurut Zumri` partai berlambang matahari terbit ini, berpeluang merealisasikan target perolehan sebanyak 84 kursi di DPR RI atau 15 persen suara pemilu legislatif. Disamping punya pemilih loyalis yang berasal dari ormas Muhammadiyah, partai ini berpeluang mendulang suara dari tokoh kharismatik dan sejumlah figur caleg muda yang menjadi idola kalangan menengah di perkotaan.
Partai lain yang berpeluang menurut Zumri Bustado yakni Partai Keadilan Sejahtera – PKS, mengingat partai ini telah mengubah arah platform partai menjadi inklusif dan pluralis. Kendati masih berazaskan islam, namun menurut Zumri ada 2 hal logis dari perubahan tersebut. Yakni kompleksitas permasalahan bangsa dimana PKS harus mengambil peran di dalamnya, serta alasan strategi politik untuk mencapai target 20 persen suara.
Cendikiawan muslim Zumri Bustado mengatakan secara evolusionis tiap partai akan dihadapkan pada kondisi tertentu yang menuntut untuk beradaptasi agar dapat berjalan berkesinambungan. Namun seberapa jauh perubahan itu memberi dampak positif bagi PKS, menjadi kalkulasi tersendiri dari partai bersangkutan demi masa depan partai yang tergantung pada jumlah pemilih.

0 comments:

Posting Komentar