Jumat, 27 Maret 2009

MENYEPI DI TENGAH KERAMAIAN

Di pura Giripati Mulawarman yang terletak di Desa Sungai Raya kecamatan Sungai Raya kabupaten Kubu Raya, tampak beberapa hiasan – janur serta asesori lain yang bernuansa hindu dipajang di sekitar pura, suasana sakral meliputi rumah ibadat tersebut. Di dalam pura tampak beberapa orang yang sedang konsentrasi dalam yoga semadi, mendekatkan diri dengan sang Hyang Widi Wase. Saat dihampiri salah seorang yang sedang menyepi di pura berasitektur bali ini, I Wayan Sudiana mengatakan nyepi bermakna sepi atau kosong, pada hakikatnya adalah suatu hari raya yang dilaksanakan dengan ketenangan dan kedamain. Ritual ini bermakna pemahaman terhadap diri sendiri – lingkungan serta hubungan dengan tuhan. I Wayan Sudiana yang juga seorang aparat kepolisian ini mengatakan, di hari nyepi umat hindu melakukan tapa – yoga brate dan semadi, untuk menyimpulkan serta menilai trikaya pribadi masing-masing di masa lalu dan merencanakan trikaya parisudha di masa depan. sebelum menyambut nyepi beberapa prosesi ritual telah dilakukan seperti upacara melasti. yaitu mempersembahkan sesajen ke tengah lautan dengan tujuan membersihkan diri dan memohon anugerah dari tuhan yang maha kuasa.
Hal yang sama juga diungkapkan I Ketut Selek warga Desa Sungai Raya yang juga menyepi di pura Giripati Mulawarman, seluruh umat hindu selain melakukan upawase atau puasa juga melakukan catur brate penyepian, yang dimulai sejak fajar menyingsing hingga terbit fajar keesokan harinya. Pasek yang sehari-harinya berprofesi sebagai guru sekolah dasar ini menyebutkan, catur brata terdiri dari amati geni – amati karya – amati lelungan serta amati lelanguan. seluruh ibadat bermakna konsentrasi dalam perenungan – mengosongkan diri dan introspeksi tentang semua perbuatan yang dilakukan pada tahun sebelumnya.
I Ketut Pasek mengatakan setelah perayaan nyepi berakhir, maka umat hindu akan merayakan lebar brata atau ngembak geni, yaitu saling kunjung-mengunjungi sesama umat hindu maupun antar umat. Untuk kesempurnaan perayaan nyepi, maka digelar ritual darma shanti yakni berkumpul di pura untuk saling maaf bermaafan antar sesama.

0 comments:

Posting Komentar