Rabu, 10 Juli 2013

Hatta Pastikan Kenaikan BBM Subsidi

KBRN, Pontianak: Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa memastikan bahwa pemerintah tetap pada keputusan untuk menaikkan harga BBM bersubsidi. Dengan rincian, pemium naik sebesar Rp.2000 dan solar Rp.1000 per liter. 

Hingga saat ini, tidak ada keraguan dari pemerintah untuk memangkas subsidi BBM, meskipun mendapat tantangan keras dari berbagai kalangan. Namun, kapan kenaikan BBM diberlakukan masih harus menunggu keputusan dalam sidang paripurna di DPR RI. 

"Berdasarkan UU, usulan kenaikan BBM yang dimasukkan dalam RAPBN Perubahan 2013 akan diparipurnakan, setelah 30 hari diserahkan ke DPR RI," ujar Hatta usai menutup Rakernas HIPMI XV di Pontianak Selasa (11/6/2013) sore. 

Dengan memangkas subsidi BBM, sambung Hatta, pemerintah dapat menghemat anggaran belanja sekitar Rp.200 trilyun dari total subsidi BBM sebelumnya yang mencapai Rp 293,7 trilyun. 

"Sedangkan kuota BBM yang awalnya sebanyak 53 juta Kiloliter turun menjadi 48 juta Kiloliter. Meskipun telah dinaikkan, namun angkanya tetap lebih besar dari APBN 2013," tambahnya. 

Lebih lanjut, Hatta menjamin pasokan BBM tetap lancar dan tersedia di pasaran. "Sebagian dari dana tersebut nantinya akan dipergunakan pemerintah untuk pembangunan infrastruktur pedesaan di seluruh Indonesia," pungkasnya. (Boyke S/AKS)

0 comments:

Poskan Komentar