Kamis, 20 Juni 2013

KPU Pontianak Hitung Dukungan Balon Perseorangan PerKelurahan

KBRN, Pontianak : Bakal calon walikota Pontianak dari jalur perseorangan, Iwan Gunawan, menilai sistem verifikasi daftar pendukung untuk jalur perseorangan yang dilakukan KPU Kota Pontianak seharusnya diimbangi dengan teknologi. 

"Pasalnya, penghitungan dengan cara manual seperti yang kini dilakukan KPU, mustahil dapat menghasilkan hitungan secara cepat dan akurat," ujar Iwan saat ditemui usai menyerahkan daftar dukungan ke KPU Kota Pontianak Minggu (19/5/2013) siang. 

Apalagi, sambung Iwan, tingkat ketelitian atau kecermatan dari setiap anggota PPS juga tidak sama. Selain itu, fotocopy pendukung yang dilampirkan juga berbeda, karena ada yang berupa KTP, KK dan Kartu identitas lain. 

Kendati demikian, ia tetap yakin hasil penghitungan dari PPS maupun PPK terhadap daftar dukungan yang diserahkan pasangannya ke KPU nantinya memiliki hasil yang sama, atau jika terjadi selisih, angkanya tidak terlalu jauh. 

"Kita pun tetap optimis dapat lolos verifikasi dan menjadi salah satu kandidat Pilwako Pontianak, lantaran telah mendapatkan dukungan 34.627 pendukung, melebihi syarat minimal yakni sebanyak 26.410 ribu," tegasnya. 

Iwan Gunawan-Andreas Acui Simanjaya menyerahkan daftar dukungan ke KPU Pontianak, untuk memenuhi syarat maju dalam Pilwako Pontianak 2013 melalui jalur perseorangan. 

Menanggapi hal itu, Ketua KPU Kota Pontianak Viryan Azis mengatakan, bahwa proses penghitungan yang mereka lakukan saat ini justru sangat efektif, karena penghitungan langsung per Kelurahan. 

"Apalagi yang dihitung adalah jumlah dukungan berupa KTP, KK maupun kartu identitas lain," tegas Viryan. 

Viryan menyebutkan, bagi bakal calon yang ingin maju pada Pilwako Pontianak 2013 melalui jalur perseorangan, wajib mengumpulkan minimal sebanyak l26.410 pendukung.

0 comments:

Posting Komentar