Kamis, 27 September 2012

39 PERSEN PEMILIH KKR GOLPUT

KPU Kabupaten Kubu Raya Selasa (25/09/12) menyelesaikan Rapat Pleno Rekapitulasi Penghitungan Suara Pilgub Kalbar 2012. Rapat Pleno yang berlangsung di Restoran Randayan diikuti oleh 4 saksi dari seluruh pasangan calon gubenrur dan wakil gubernur Kalbar.

“Dari 381.410 pemilih yang terdaftar di DPT, sebanyak 232.486 pemilih atau 60,95 % masyarakat pemilih telah menggunakan hak pilihnya. Sedangkan yang tidak menggunakan hak pilihnya mencapai 148.924 pemilih atau 39,05 %,” ujar Ketua KPU Kabupaten Kubu Raya Idris Maheru kepada wartawan seusai pleno.

Meskipun terbilang tinggi, namun menurutnya, persentase sebanyak 39,05 % masih tergolong wajar. “Hal ini berkaca dari persentase pemilih pada Pemilihan Presiden yang lalu, dimana angka partispasi pemilih sekitar 65%,”tegas Idris .

Kendati demikian, Idris menegaskan pihaknya akan mengadakan evaluasi menyeluruh terkait tahapan pilgub Kalbar, terutama soal pendistribusian logistik ke daerah yang memang masih mengalami masalah di lapangan.

Di tempat yang sama, Ketua Tim Pemenangan Cornelis – Christiandy, Sujiwo mengapresiasi kinerja keras KPU Kubu Raya dan perangkatnya yang telah berhasil menyukseskan Pilgub Kalbar. “Kendati demikian, beberapa hal harus dapat segera dibenahi, antara lain tingginya masyarakat untuk golput serta warga yang mempunyai hak pilih namun tidak terdaftar di DPT.

'Hal ini harus segera dibenahi, agar kejadian yang sama tidak terulang pada Pemilu Legislatif, Pemilihan Presiden maupun Pemilihan Bupati Kubu Raya mendatang,” pinta Sujiwo yang juga Ketua DPRD Kubu Raya ini.

Rapat Pleno Rekapitulasi Penghitungan Suara yang berlangsung kemarin berjalan aman dan tertib. Rapat berlangsung di bawah pengawalan ketat dari aparat kepolisian yang di back up personil TNI, baik di dalam ruangan maupun di sekitar Hotel Randayan. Hal ini bertujuan untuk menjaga berbagai kemungkinan yang dapat mengganggu jalannya rapat pleno.

0 comments:

Posting Komentar