Kamis, 09 Agustus 2012

KPU PERLU TRANSPARAN SOAL ANGGARAN PEMILU

Penandatangan Pakta Integritas oleh anggota KPU Kalbar sejatinya tidak hanya sekedar pernyataan di atas kertas, melainkan dapat diimplementasikan dalam penyelenggaraan pemilu. 

Mengingat agenda Pemilu, baik itu Pemilukada maupun Pemilu Legislatif memang sangat rentan terhadap kecurangan, sehingga menuntut komitmen dan keseriusan KPU sebagai penyelenggara. 

Ditemui Jum`at (27/07/12), Ketua Gerakan Anak Indonesia Bersatu – GAIB Kalbar, Rudi Supriandi mengatakan, meskipun Pakta Integritas hanya bersifat gerakan moral tanpa mempunyai konsekuensi hukum, tetapi perlu dijalankan secara sungguh-sungguh. 

Hal ini untuk menjawab besarnya tuntuan masyarakat atas KPU agar terselenggara Pemilu yang berkualitas, khususnya Pemilu Gubernur Kalbar tahun 2012. 

Rudi menambahkan, persoalan lain yang juga perlu diperhatikan oleh KPU adalah masalah transparansi, dengan memberikan kemudahan dan kesempatan bagi masyarakat untuk mengakses semua informasi, terkait kegiatan Pemilu. 

Terlebih lagi menyangkut pendanaan, sedapat mungkin masyarakat dapat mengetahui rincian setiap penggunaan anggaran, mengingat dana yang dikucurkan oleh Pemerintah bagi Pemilu, seperti Pemilu Gubernur Tahun 2012 sangat besar dan dana tersebut merupakan uang rakyat.

0 comments:

Poskan Komentar