Sabtu, 16 Juni 2012

WALHI PERINGATI HARI LINGKUNGAN HIDUP DI RUMAH BETANG

Hari Lingkungan Hidup 5 Juni diperingati secara khusus oleh Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Kalbar dengan menggelar berbagai kegiatan yang berkaitan dengan isu lingkungan. 

Kegiatan berlangsung mulai 15 s/d 17 Juni 2012 dengan lokasi di Rumah Betang desa Lingga Kecamatan Sungai Ambawang Kabupaten Kubu Raya. Bahkan, di Rumah Betang diadakan ritual “Nyangahatn” atau ucapan syukur, mohon berkat dan keselamatan sebagai awal dari rangkaian kegiatan. 

Dihubungi Kamis (14/06/12), aktifis Walhi Kalbar, Hendrikus Adam mengatakan tema yang diusung dalam peringatan Hari Lingkungan Hidup tahun ini adalah “Tanah Untuk Rakyat” dengan memperkuat akses dan kontrol rakyat atas sumber daya alam. 

Tema dipilih untuk mengangkat kondisi saat ini dimana masyarakat adat masih menjadikan hutan, tanah dan air sebagai suatu komponen yang tak terpisahkan dalam kehidupan mereka. Sehingga upaya untuk mendorong dan memperkuat posisi, kepemilikian atas lahan adat serta perlindungan hukum terhadap masyarakat adat menjadi suatu hal yang sangat penting. 

Hendrikus menuturkan, rangkaian kegiatan lain yang digelar Walhi yakni penanaman pohon, dialog publik serta pemutaran film. Khusus untuk film Dokumenter sengaja mengangkat kasus Semunying Jaya di Kabupaten Bengkayang, untuk mengingatkan kepada masyarakat luas bagaimana lemahnya posisi masyarakat adat menghadapi pemilik modal ketika aparat hukum dan Pemerintah tidak lagi berpihak pada masyarakat. 

Selain itu, di Rumah Betang juga digelar pameran fotografi yang menampilkan sejumlah foto dan lukisan karya seniman lukis Zul MS. Borneo Fine Art Gallery. Kemudian peresmian Sekretariat Bersama Pengaduan Kasus Agraria dan Pemulihan Hak – Hak Masyarakat Kalbar.

0 comments:

Posting Komentar