Sabtu, 21 Januari 2012

HARGA ELPIJI 3 KG DI KAPUAS HULU MELAMBUNG

Warga Putussibau dan sekitarnya di Kabupaten Kapuas Hulu mengeluhkan tingginya tarif pengisian ulang gas elpiji 3 Kg di tingkat pengecer. Harga yang dipatok berkisar Rp. 27.000 – Rp. 28.000 untuk setiap kali pengisian ulang. 
Dihubungi Senin (16/01/12), salah seorang warga Putussibau, Johan mengatakan, tingginya harga di tingkat pengecer sebenarnya mengikuti harga dari agen yang memang menaikkan tarif untuk menutupi besarnya ongkos angkut dari Pontianak ke Putussibau. Salah satu distributor di Pasar hilir Putussibau mematok harga Rp. 25.000 untuk setiap tabung gas elpiji 3 Kg, sehingga di wilayah pedalaman harganya kian melambung. Bahkan di Kecamatan Nanga Badau wilayah perbatasan Kalbar - Serawak Malaysia, mencapai Rp. 35.000. 
Meskipun stok hingga kini cukup tersedia, namun harga yang tinggi jelas memberatkan warga. Johan mengharapkan pemerintah mengambil sikap, untuk menurunkan harga sesuai yang dipatok. 
Tingginya harga isi ulang gas elpiji di Kapuas Hulu juga terjadi di Kabupaten lain di belahan timur Kalbar, karena jarak angkut yang sangat jauh dari Kota Pontianak. Tanpa terkecuali gas elpiji 3 Kg yang sebenarnya telah disubsidi pemerintah, juga mengalami kenaikan harga tidak terkontrol akibat lemahnya tingkat pengawasan di lapangan.

0 comments:

Posting Komentar