Minggu, 15 Januari 2012

GUBERNUR INGATKAN NELAYAN WASPADAI CUACA BURUK

Gubernur Kalbar Cornelis mengingatkan nelayan tradisional dengan kapal ukuran kecil untuk berhati-hati ketika turun melaut, seiring memburuknya kondisi cuaca seminggu terakhir. Jika memang cuaca kurang bersahabat, sebaiknya nelayan mengurungkan niat untuk untuk melaut.
Ditemui seusai Perayaan HUT PDI P ke-39 di Sekretariat DPD PDI P di Pontianak, Selasa (10/01/12), Cornelis menyarankan, informasi cuaca dari BMKG sebaiknya secara aktif terus dimonitor, terutama mengetahui kondisi terkini dari cuaca dan gelombang, terkecuali untuk kapal ukuran besar yang dilengkapi teknologi untuk mengantisipasi gelombang tinggi dan cuaca buruk. Meskipun demikian, jika ketinggian gelombang telah masuk kategori membahayakan, sebaiknya tidak memaksakan diri.
Ia mengakui cuaca buruk hampir selalu terjadi di setiap awal tahun di perairan Kalbar, dengan ketinggian gelombang mencapai 7 meter sehingga membahayakan semua jenis kapal motor.
BMKG Pusat telah mengeluarkan peringatan dini terkait gelombang tinggi, yang berpeluang terjadi di beberapa wilayah di Indonesia termasuk di perairan Kalbar. Antara lain di perairan Kabupaten Pontianak dan Kota Singkawang, dengan ketinggian gelombang 3 - 6 meter. Kondisi ini diprediksi terus berlangsung hingga akhir Januari 2012 dan intensitasnya baru menurun awal Februari 2012.  

0 comments:

Posting Komentar