Jumat, 02 Desember 2011

PU KALBAR CARI SUMBER AIR BAKU

Dinas PU Kalbar tengah mencari sumber air baku untuk diolah menjadi air bersih, guna dipasok ke Kota Pontianak dan Kabupaten Kubu Raya. Pasalnya kedua daerah tersebut terancam krisis air bersih dalam beberapa tahun mendatang. Sementara sumber air di sungai Penepat di Kubu Raya tidak lagi memenuhi syarat, terlebih di musim kemarau dimana kadar garam meningkat akibat rembesan air laut.
Dalam Konfrensi Pers Jum`at (02/12/11), Kepala Dinas PU Kalbar, Jakius Sinyor mengaku telah menerima instruksi dari Menteri PU, untuk mencari sumber air baku guna menyuplai kebutuhan air bersih di beberapa daerah. Pilihan pertama yakni air terjun riam Melanggar di Kabupaten Landak, dengan menerapkan sistem pipanisasi untuk menyalurkan air bersih. Sedangkan alternatif kedua adalah tetap menggunakan air sungai Kapuas sebagai bahan baku, seperti yang dilakukan oleh PDAM saat ini, hanya saja dengan teknologi yang lebih canggih. Namun, keputusan masih harus menunggu hasil kajian secara mendalam oleh tim yang dibentuk bersama Universitas Tanjungpura (Untan), dengan mempertimbangkan yang paling ekonomis dari beberapa alternatif.
Anggaran untuk kegiatan penelitian, studi kelayakan dan lainnya, telah diploting Dinas PU melalui RAPBD 2012. Jika dapat selesai di tahun 2012, maka proses pengerjaan tahap awal kemungkinan besar dapat dimulai tahun berikutnya.
Jakius menambahkan pihaknya juga tengah membicarakan dengan beberapa peneliti di Untan, mengenai sistem pengelolaan yang paling ideal di PDAM. Sebab, saat ini hampir semua PDAM di Kalbar mengalami defisit, sehingga belum mampu membantu daerah dalam meningkatkan PAD. Bahkan, sebenarnya di seluruh Indonesia hanya PDAM Jakarta saja, yang masih meraih keuntungan.

0 comments:

Posting Komentar