Sabtu, 03 Desember 2011

PAMERAN ARKEOLOGI RAMAIKAN MALL MATAHARI

Badan Arkeologi Banjarmasin Kalsel menggelar Pameran Arkeologi di Matahari Mall Pontianak mulai 2-6 Desember 2011. Berbagai koleksi masa pra sejarah yang ditampilkan cukup menarik perhatian pengunjung, khususnya para pengunjung di Mall yang kebetulan melintas.
Ditemui di sela – sela Pameran Sabtu (03/12/11), Ketua Penyelenggara Imam Hindarto mengatakan, pameran ini merupakan sebuah media informasi bagi publik, sekaligus sosialisasi berbagai hasil penelitian arkeologi. Di samping itu, juga meningkatkan pemahaman tentang cagar budaya bagi masyarakat Kalbar, khususnya Kota Pontianak.
Kegiatan ini rutin diadakan Badan Arkeologi Banjarmasin setiap tahun di masing – masing ibukota provinsi di pulau Kalimantan. Sejauh ini pameran yang diselenggrakan mendapatkan respon positif dari masyarakat di daerah.
Imam menerangkan, semua barang yang dipamerkan merupakan koleksi hasil penelitian Badan Arkeologi Banjarmasin, yang berasal dari berbagai daerah di pulau Kalimantan. Koleksi dari Kalbar antara lain, Beliung asal Nanga Balang Kabupaten Kapuas Hulu, sisa peradaban masyarakat 3.000 tahun yang lalu serta ragam perhiasan asal pulau Karimata berusia sekitar 4.000 tahun.
Kemudian dari Kalsel, antara lain ember dari kayu ulin untuk menyimpan beras, serpihan atau alat pemotong dari gua babi yang berusia 6.000 tahun. Koleksi lain yang dipamerkan yakni botol bols (minuman keras) berbahan keramik buatan Belanda dari abad 18 M, uang koin dari abad 17 – 18 M serta naskah berbahasa Melayu yang ditulis menggunakan huruf Arab gundul dari abad 18 M.
Dari hasil pantauan, beberapa pengunjung yang ingin mengetahui lebih mendalam tentang berbagai koleksi, mendapatkan penjelasan singkat dari pihak panitia, bahkan diberikan CD dan buku yang berisi tentang berbagai hasil penelitian arkeologi. Semua diberikan secara gratis.

0 comments:

Posting Komentar