Jumat, 21 Oktober 2011

PEMROV KALBAR SIAP DANAI PEMILUKADA GUBERNUR 2012

Pemerintah Provinsi Kalbar siap mengalokasikan anggaran, bagi penyelenggaraan Pemilukada Gubernur tahun 2012. Besaran dana yang akan dialokasikan memang belum ditetapkan, namun diperkirakan nilainya di atas 100 milyar rupiah.
Ditemui Kamis (13/10/11), Plt Sekretaris Daerah Kalbar Kartius mengungkapkan bahwa angka tersebut masih bersifat sementara, sehingga tidak menutup kemungkinan anggaran yang diusulkan dalam RAPBD induk 2012 jauh lebih besar lagi. Pada prinsipinya pemerintah provinsi tidak mempersoalkan seberapa pun besarnya anggaran yang dibutuhkan untuk menyukseskan pesta demokrasi tersebut. Karena ukurannya bukan selalu uang, tetapi yang terpenting tujuan tercapai seperti esensi dari demokrasi.
Sebelumnya Ketua Banleg DPRD Kalbar Syarif Izhar menyebutkan, bahwa Banleg telah menyepakati 1 Rancangan Peraturan daerah - Raperda yang tidak termasuk dalam Program Legislasi daerah - Prolegda, namun dinilai penting untuk dibahas dan menjadi produk hukum yakni Raperda Tentang Dana Cadangan Pemilukada Gubernur dan Wakil Gubernur.
Raperda tersebut menjadi prioritas untuk dibahas dan dirampungkan, mengingat Kalbar pada tahun 2012 akan menggelar Pemilihan Gubernur. Sehingga tahun depan dapat menjadi acuan untuk pengucuran dana melalui APBD.
Sementara itu, total anggaran yang diusulkan KPU kalbar untuk Pemilukada Gubernur 2 putaran mencapai 233 milyar, masing – masing 166 milyar untuk putaran pertama dan 56 milyar untuk putaran kedua. Tahapan Pemilukada dimulai 8 bulan sebelum hari H, dimana hari H Pemilukada putaran pertama dijadwalkan tanggal 20 September 2012.  

0 comments:

Posting Komentar