Kamis, 22 September 2011

MUTASI JABATAN CIPTAKAN IKLIM BARU ORGANISASI PEMERINTAH

Pengangkatan pejabat struktural di lingkungan pemerintahan merupakan salah satu wujud pembinaan karier PNS, sekaligus upaya untuk lebih meningkatkan kapasitas dan efektifitas organisasi pemerintahan. Pengangkatan dilakukan melalui mutasi jabatan, baik berupa mutasi promosi maupun mutasi horizontal.
Hal itu diungkapkan Wakil Gubernur Kalbar Christiandy Sandjaya, saat memberikan sambutan dalam Pelatikan 62 Pejabat Eselon III di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalbar Jum`at (09/09/11).
Menurutnya, perpindahan pejabat struktural dari satu posisi ke posisi lain, baik dalam ruang lingkup SKPD yang sama maupun antar SKPD, dapat memberikan penyegaran dalam pelaksanaan tugas, sehingga tercipta iklim baru yang dapat menjamin berfungsinya seluruh komponen organisasi secara optimal. Disamping itu, mutasi jabatan juga dimaksudkan untuk lebih meningkatkan wawasan dan pengalaman tugas bagi PNS yang bersangkutan.
Pada kesempatan itu, Christiandy juga meminta seluruh pejabat eselon III tidak bekerja hanya sebatas melaksanakan instruksi atasan atau meneruskan pekerjaan bawahan. Melainkan dengan inisiatif sendiri dapat membangun kreatifitas dan melakukan inovasi, sehingga lebih meningkatkan kinerja PNS yang bersangkutan maupun organisasi.
Tetapi kinerja yang baik belum lah cukup, jika tanpa adanya loyalitas. Sebab, bekerja tanpa loyalitas, sama halnya melakukan pembusukan dari dalam. Begitu pula sebaliknya, loyalitas tanpa kemampuan dan kreatifitas, juga tidak berguna bagi suatu organisasi. Untuk itu, dirinya mengharapkan seluruh PNS dapat bekerja dengan loyalitas yang tinggi dan penuh semangat serta terus meningkatkan kemampuan dan kompetensi di bidang masing – masing.

0 comments:

Posting Komentar