Kamis, 22 September 2011

HINGGA H + 3 SHENG HIE RELATIF NORMAL

Suasana Pelabuhan Sheng Hie Pontianak memasuki H+3 Idul Fitri 1432 H masih normal, tidak terjadi lonjakan penumpang yang berarti pada kapal ekspress, baik untuk jadwal keberangkatan dari Pontianak – Ketapang, maupun sebaliknya, yakni jadwal kedatangan dari Ketapang – Pontianak. Sebenarnya kondisi ini tidak jauh berbeda dengan kemarin, bahkan memasuki H + 1 Idul Fitri. Seperti jumlah penumpang yang tercatat pada jadwal kedatangan 2 kapal dari Ketapang – Pontianak, Sabtu (02/09/11), yakni Poly Express dan Mega Exspress. Untuk, Kapal Poly Ekspres memang penuh, dimana penumpang mencapai 273 orang, dari 250 kapasitas tempat duduk. Tetapi Mega Expsress justru sebaliknya, dari 220 kapasitas tempat duduk yang disedikan, jumlah penumpang sebanyak 215 orang.
Sehari sebelumnya, ketika ditemui Komandan Posko Syahbandar Pelabuhan Sheng Hie M. Kamil menyatakan belum dapat memprediksi lonjakan penumpang, tapi jika pun terjadi tidak terlalu signifikan.
Kondisi ini juga sama seperti arus mudik dan arus balik Idul Fitri pada tahun lalu. Adanya akses jalan darat dari Pontianak menuju Ketapang, menjadi salah satu pilihan bagi warga untuk mudik menggunakan kendaraan pribadi ataupun angkutan umum. Sehingga menggunakan jasa transportasi laut melalui pelabuhan Sheng Hie, tidak lagi menjadi alternatif utama warga untuk mudik lebaran di Kabupaten Ketapang.
Sementara itu, hingga memasuki H+3 Idul Fitri petugas di Pos Lebaran yang terdiri dari syahbandar, Airud, Dishub Kota Pontianak, serta KP3L, belum menemukan adanya tindakan yang dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab, sehingga mengganggu kelancaran aktifitas pelayaran. Pengamanan juga difokuskan terhadap calo tiket, untuk menciptakan kenyamanan selama pelaksanaan arus mudik di pelabuhan Sheng Hie.

0 comments:

Posting Komentar