Minggu, 28 Agustus 2011

PT. PN XIII TERUS EKSPANSI BISNIS

PT. PN XIII Pontianak terus melakukan perluasan areal usaha sebagai bagian dari ekspansi bisnis di Kalbar. Diantaranya membuka perkebunan sawit baru seluas 6.000 hektar di Kembayan Kabupaten Sanggau.
Ditemui Jum`at (26/08/11), Direktur SDM & Umum PT. PN XIII Pontianak Wagio Ripto Sumarno mengatakan, perluasan areal merupakan upaya untuk pemenuhan skala ekonomi. Berdasarkan penghitungan ekonomis, 1 unit perkebunan minimal luasan areal tanam sekitar 6.000 hektar, dengan kapasitas produksi 30.000 ton tbs/jam.
Berbeda dengan komoditas karet, dimana penghitungan ekonomis untuk 1 unit seluas 5.000 hektar. Pola yang diterapkan tetap mengacu pola kemitraan dengan masyarakat, dengan perbandingan 70 – 30. Pembukaan lahan bagi perkebunan diperkirakan dapat menyerap sekitar 2.000 masyarakat di sekitar areal, sebagai tenaga kerja.
Lebih lanjut, Wagio menyatakan PT. PN terus berupaya untuk melakukan ekspansi bisnis, mengingat luasan usaha saat ini baru menguasai 10 % dari total potensi perkebunan nasional. Pengembangan juga dilakukan untuk menjaga keseimbangan nasional, agar tidak kalah dari perkebunan yang dikelola swasta, baik pengembangan areal maupun vertikal ke industri hilir.
Bahkan, kedepan PT. PN telah memprogramkan pengembangan pola tumpang sari dengan tanaman pangan yang bekerja sama dengan Kementrian Pangan. Nantinya areal yang belum ditanami sawit, dimanfaatkan untuk pengembangan komoditas tanaman pangan seperti padi dan jagung.



0 comments:

Posting Komentar