Minggu, 19 Juni 2011

DANA SOSIAL TAK TERSERAP CAPAI RATUSAN MILYAR

Anggota Komisi D DPRD Kalbar Mijino menyatakan dana sosial yang digulirkan pemerintah pusat, setiap tahun ratusan milyar dikembalikan lagi ke kas negara akibat tidak terserap di daerah. Hal ini akibat tidak lengkapnya data yang diserahkan pemerintah daerah, mengenai jumlah keluarga miskin maupun warga yang membutuhkan bantuan sosial.
Ditemui Rabu (15/06/11) Mijino mengungkapkan hasil pertemuan dengan Dirjen Sosial Kementrian Sosial beberapa waktu lalu, menemukan fakta bahwa pusat mengalokasikan dana sosial mencapai ratusan milyar. Tapi sebagian justru dikembalikan lagi ke kas negara karena tidak dapat disalurkan, karena usulan dari garis bawah tidak dilengkapi data yang komplit. Dari fakta tersebut dapat disimpulkan bahwa Pemerintah daerah termasuk Kalbar, tidak memanfaatkan semaksimal mungkin program pusat untuk mengurangi angka kemiskinan.
Lebih lanjut, Mijino menyebutkan pusat mengalokasikan dana untuk program Jamkesmas di Kalbar mencapai 1.6 juta jiwa atau hampir separuh dari total populasi penduduk 4,5 juta jiwa. Tapi karena proses pendataan yang belum optimal, menyebabkan sebagian warga miskin tidak terjangkau dalam program pelayanan kesehatan pemerintah. 
Menurut Mijino persoalan ini bermuara dari kinerja unit kerja bidang Kependudukan & Catatan Sipil terutama di Kabupaten Kota. Untuk itu, dirinya meminta Pemerintah Provinsi segera berkoordinasi dengan Kabupaten Kota, untuk membenahi pendataan kependudukan di daerah masing  - masing.   

0 comments:

Posting Komentar