Sabtu, 05 Juni 2010

2010 PU PRIORITASKAN PERBAIKAN JEMBATAN

Dinas PU Kalbar melalui Unit Pemeliharaan Jalan dan Jembatan - UPJJ, masih fokus pada penanganan jalan provinsi yang bersifat rehabilitasi. Penanganan jalan hanya menjaga fungsional jalan, belum mendanai kegiatan proyek pengerjaan fisik ruas jalan provinsi.
Ditemui Jum`at (04/06/10), Kepala Dinas PU Kalbar Jakius Sinyor menyebutkan pada tahun ini, anggaran melalui UPJJ masih memprioritaskan peningkatan jembatan. Antara lain proyek jembatan di Kecamatan Rasau Jaya Kabupaten Kubu Raya sebesar 7 Milyar rupiah, sedangkan peningkatan jalan provinsi baru diusulkan pada Tahun Anggaran 2011 mendatang.
Di bagian lain` terkait peningkatan infrastruktur jalan di belahan timur Kalbar, Jakius menyebutkan untuk ruas jalan Sanggau - Sekadau telah memasuki tahap pengerjaan. Kendati demikian memang masih memerlukan dana tambahan. Diharapkan pada APBN Perubahan 2010, Pemerintah Pusat mengalokasikan kembali dana peningkatan jalan di Kalbar, idealnya di atas 20 milyar rupiah.
Jakius menyebutkan total serapan anggaran bagi perawatan dan peningkatan jalan nasional di Kalbar mencapai 2 trilyun rupiah. Namun` Pemerintah Pusat telah mengalokasikan untuk Dinas PU Kalbar sebesar 1, 3 trilyun rupiah untuk mendanai proyek infrastruktur jalan dan sumber daya air. Pengerjaan awal dimulai tahun 2011 dan diperkirakan tahun 2014, sekitar 94 persen seluruh jalan nasional di Kalbar telah rampung, termasuk proyek prestisius Direktorat Jendral Binamarga jembatan Tayan di Kabupaten Sanggau.

0 comments:

Posting Komentar