Sabtu, 30 Januari 2010

PANGDAM VI APRESIASI GUBERNUR KALBAR

Kodam VI Tanjungpura memberikan apresiasi tinggi terhadap komitmen Pemerintah Provinsi Kalbar, dalam membangun kawasan perbatasan, “sebagai beranda terdepan negara. Di samping mempercepat pertumbuhan ekonomi, prioritas pembangunan infrastruktur jalan di wilayah perbatasan, “juga membantu pihak TNI AD memperkuat sistem pertahanan wilayah.
Hal itu diungkapkan Pangdam VI Tanjungpura Mayjend TNI Tono Supratman` saat menggelar pertemuan dengan pemuka masyarakat Kalbar di Kapuas Palace Jum`at malam (29/01/2010). Dirinya mengakui, “ selama 2 tahun kepemimpinan Cornelis sebagai gubernur, terjadi perubahan signifikan dalam pembangun di Kalbar. Terutama keberanian mendobrak kebijakan yang yang dinilai memberatkan dan merugikan masyarakat Kalbar, khususnya menolak resolusi dalam pertemuan di Kopenhagen Denmark.
Di tempat yang sama Gubernur Kalbar Cornelis MH. menyatakan, “sudah seharusnya sistem pertahanan di wilayah Kalbar ditingkatkan, mengingat berbagai persoalan yang terjadi di provinsi ini, “dipicu terbatasnya kekuatan militer. Mulai dari konflik sosial, aksi pencurian kekayaan alam di wilayah perbatasan, hingga pemindahan patok tapal batas negara.
Lebih lanjut Cornenelis menegaskan, “ dukunganya atas Pembentukan Kodam XII Tanjungpura, dan siap membantu, “ mulai dari persiapan hingga peresmian bulan April mendatang. Bahkan dirinya telah melayangkan surat kepada Menteri pertahanan, menyangkut kesedian Pemerintah Daerah mengucurkan bantuan finansial, namun jawabannya masih menunggu agenda pertemuan dengan Presiden yang dijadwalkan di Cikeas 1 hingga 3 Februari mendatang.
Sementara itu` Kepala Staf Angkatan Darat Jendral TNI George Toisutta mengatakan, “pembentukan satu kodam baru di teritorial Kalimantan, merupakan kebutuhan yang sangat urgen. Kebijakan tersebut diambil oleh Mabes TNI` melalui suatu kajian menyeluruh dan mempertimbangan berbagai aspek, untuk memperkuat sistem pertahanan, ”baik secara regional maupun nasional, “ terutama menjaga garis perbatasan antar negara, yang semakin hari kian rawan dengan berbagai tindakan pelanggaran hukum. Dirinya mengatakan, “secara bertahap Kodam XII Tanjungpura didisain untuk menjadi komando yang ideal di masa mendatang,” baik dari jumlah prajurit maupun peralatan tempur.
Di bagian lain` George Toisuta memuji sikap gubernur Kalbar selama ini, yang begitu konsen terhadap pembangunan dan keamanan wilayah perbatasan. Suatu sikap yang mengajarkan tentang nasionalisme, sehingga mampu membangkitkan kembali motivasi serta idealisme setiap prajurit untuk berjiwa militan.





0 comments:

Posting Komentar