Selasa, 29 Desember 2009

PENUMPANG PONTIANAK – KUCHING MENINGKAT TAJAM

Menjelang akhir tahun, jalur penerbangan internasional “khususnya rute Pontianak – Kuching Malaysia, terus dipadati penumpang. Salah satunya yakni Maskapai penerbangan Batavia Air, di momen Hari raya Natal dan Tahun Baru, frekuensi penumpang meningkat 30 % dibanding hari – hari biasa. Bahkan volume pesawat di setiap jadwal keberangkatan maupun kedatangan, rata – rata mencapai 90 %. Sedangkan di hari – hari biasa, jumlah penumpang berkisar antara 60 hingga 70 % dari total 144 kursi yang disediakan.

Ditemui di Kantornya Senin siang (28/12/2009), District Manager Batavia Air Pontianak, M. Yunan Ismail mengatakan, “trend kenaikan frekuensi penumpang dimulai sejak tanggal 23 Desember lalu. Jumlah penumpang untuk jadwal keberangkatan terus meningkat, dan mencapai puncaknya sehari menjelang hari raya Natal. Kondisi ini diprediksi berlangsung hingga 31 Desember, sebab hampir semua tiket untuk 2 hari kedepan telah dipesan.

Namun` selain berlibur dan berwisata, Yunan Ismail mengakui,” jika sebagian penumpang yang pergi ke Kuching untuk keperluan medis. Bahkan` dalam beberapa kali penerbangan` pesawat sempat mengalami kekurangan kursi roda, untuk mengangkut pasien yang menderita sakit.

Sementara untuk arus balik penumpang, Yunan  memprediksi mulai terjadi pada tanggal 1 Januari dan mencapai puncaknya tanggal 3 Januari 2010, setelah perayaaan tahun baru. Sebab` 90 % persen tiket penerbangan Kuching – Pontianak, untuk 3 hari pasca Tahun Baru telah dipesan calon penumpang.

Sedangkan harga tiket pesawat rute penerbangan Pontianak – Kuching, “ tetap sama seperti hari – hari biasa, yakni 245 ringgit atau Rp. 680. 000,- per tiket. Yunan Ismail menyebutkan, “dalam satu minggu jadwal penerbangan beroperasi sebanyak 4 kali, yakni : Selasa, Rabu, Jum`at dan Minggu. Dan setiap jadwal operasi, terdiri dari 6 rute penerbangan, masing – masing 3 untuk jadwal kedatangan dan 3 jadwal keberangkatan.


0 comments:

Posting Komentar