Rabu, 07 Oktober 2009

KORWIL AGENDAKAN PEMILIHAN KETUA BARU DPD

Keluarnya Surat Keputusan – SK Dewan Pimpinan Pusat – DPP Partai Demokrat, yang menetapkan Muda Antartikawan sebagai ketua koordinator wilayah Kalbar, merupakan suatu upaya dari partai pemenang pemilu ini untuk mengisi kekosongan pimpinan. Sebab` pasca ketua DPD Partai Demokrat yang lama` atas nama Henry Usman meninggal dunia April lalu, praktis terjadi kevakuman di tingkat struktur kepengurusan provinsi. Ditemui Rabu sore 07/10/2009)` Koordinator wilayah Partai Demokrat Kalbar Muda Antartikawan mengatakan, SK yang ditandatangani oleh Ketua Umum DPP Hadi Utomo, mengamanatkan dirinya untuk segera mempersiapkan agenda musyawarah, yang melibatkan seluruh jajaran partai`` baik di tingkat provinsi maupun di tingkat kabupaten kota se- Kalbar. Agenda yang digelar dalam waktu dekat, bukan saja merumuskan mekanisme pemilihan ketua DPD yang baru, namun juga membahas masa kepemimpinan dari ketua terpilih. Termasuk menetapkan kriteria dan persyaratan seorang figur untuk maju menjadi pimpinan Partai Demokrat.
Muda Antartikawan mengatakan Koordinator wilayah – korwil tidak berada di lingkup struktul kepengurusan, namun sebagai perpanjangan tangan partai, yang bertugas memfasilitasi Dewan Pimpinan Daerah – DPD dan Dewan Pimpinan Pusat – DPP. Selain itu` korwil juga memberikan informasi mengenai program umum partai, serta mendorong program tersebut berjalan secara optimal di tingkat DPD dan DPC. Lebih lanjut Muda Antartikawan menegaskan korwil juga membantu pembinaan kader dan membangun jaringan partai, terutama para simpatisan dan relawan sebagai pilar pendukung agenda pilitik di daerah, baik pada momen pemilihan kepala daerah maupun pemilihan umum 5 tahun kedepan.

5 Calon Ketua Dpd Partai Demokrat Kalbar
Sementara itu` Ketua DPD Generasi Muda Demokrat Kalbar Zainul Arifin mengatakan, secara resmi telah ditetapkan 5 tokoh terkemuka, untuk diangkat menjadi pimpinan sementara DPD Partai Demokrat Kalbar. 5 orang figur yang diajukan ke Dewan Pimpinan Pusat – DPP, melalui koordinator wilayah Partai Demokrat Kalbar ini, 3 diantaranya berasal dari luar partai, masing – masing; Muda Mahendrawan bupati Kubu Raya, Burhanuddin A. Rasyid bupati Sambas serta Ria Noorsan bupati Pontianak. Sedangkan 2 orang lainnya dari kalangan internal partai, yakni ; anggota DPRD Kalbar dan juga sebagai Sekretaris DPD Partai Demokrat Nicodemus R. Toun, serta Suryatman Gidot yang menjabat sebagai wakil bupati Bengkayang. Zainul Arifin menyebutkan kelima tokoh yang direkomendasikan, merupakan hasil penjaringan dari belasan figur yang masuk. Masing – masing memiliki kemampuan yang tidak perlu diragukan dan dinilai layak menduduki kursi ketua DPD Partai Demokrat hingga tahun 2011, setelah ketua DPD yang lama atas nama Henry Usman meninggal dunia sekitar 5 bulan yang lalu.
Zainul Arifin menyadari diusungnya 3 nama yang berasal dari eksternal partai, bakal menimbulkan banyak pertanyaan dan asunmsi negatif. Namun` hal itu merupakan aspirasi yang berkembang di bawah, dan terus menggelinding sehingga harus diakomodir melalui suatu kebijakan politik. Dirinya optimis jika salah satu diantaranya terpilih menjadi ketua DPD, tidak bakal mengganggu keutuhan Partai kedepan. Mengingat ketiganya memiliki hubungan dekat dengan partai demokrat serta berperan penting dalam kemenangan pasangan SBY – Budiono pada pemilihan presiden di wilayah Kalbar.





0 comments:

Posting Komentar