Rabu, 31 Agustus 2011

JAMA`AH MUHAMMADIYAH GELAR SHALAT IDUL FITRI 1432 H

Ribuan jama`ah Muhammadiyah Selasa pagi (30/08/11) melaksanakan Shalat Idul Fitri 1432 H, yang berlangsung di halaman SD Muhammadiyah 2 dan SMP Muhammadiyah 1 Pontianak di Jalan Ahmad Yani. Jama`ah merupakan warga, simpatisan dan Pengurus Daerah Muhammadiyah yang berasal dari Kota Pontianak dan sekitarnya.
Halaman sekolah yang tidak mampu menampung seluruh jama`ah, telah diantisipasi pihak panitia pelaksana Shalat Ied dengan menggunakan ruas jalan Ahmad Yani sebagai shaf shalat. Ruas jalan terpaksa ditutup untuk sementara, dan aparat kepolisian mengalihkan arus lalu lintas kendaraan ke ruas jalan yang lain selama berlangsungnya Shalat idul fitri.
Shalat idul fitri berjalan aman dan lancar, dengan kondisi cuaca yang cerah. Puluhan aparat kepolisian juga dikerahkan untuk menjaga pelaksanaan shalat idul fitri, yang diselenggarakan oleh Pimpinan daerah Muhammadiyah Kota Pontianak.
Adapun yang bertindak sebagai Imam shalat Ied yakni Ustad Abdussamad. Sedangkan khatib Shalat Idul Fitri yakni Ketua STAIN Pontianak Hamka siregar.
Dalam Khutbahnya, Hamka Siregar mengucapkan selamat kepada seluruh kaum muslimin, yang pada hari ini Selasa (30/08/11), telah merayakan hari kemenangan setelah berpuasa sebulan penuh di bulan ramadhan. Termasuk bagi kaum muslimin yang baru besok pagi melaksanakan shalat Idul Fitri.
Dirinya berharap kedepan lahir satu generasi yang dapat menyelesaikan perbedaan pendapat, dengan menetapkan metode atau cara yang dapat diterima semua pihak dalam menentukan hari Raya Idul Fitri. Sehingga perbedaan yang telah lama terjadi dan masih berlangsung hingga hari ini, tidak terus terulang di masa mendatang.
Kendati demikian, dirinya mengajak segenap umat islam, tanpa terkecuali, baik warga atau simpatisan Muhammadiyah maupum umummya kaum muslimin, untuk saling memahami, menghargai dan menghormati adanya perbedaan tersebut, dengan menjunjung tinggi ukhuwah islamiyah.
Selain di Halaman SD Muhammadiyah 2 Jalan Ahmad Yani, shalat Idul fitri juga dilaksanakan di Masjid al Furqan Kompleks Perguruan Muhammadiyah 1 Pontianak, di Jalan Parit Haji Husin 2. dengan ustad Munir Hamid sebagai Imam shalat ied dan H. Bachrulmazi sebagai Khatib.



0 comments:

Posting Komentar