Minggu, 27 Juni 2010

MAJUKAN WANITA DENGAN PENDIDIKAN

Kondisi aktual kaum wanita Indonesia saat ini, berada di persimpangan jalan yang di satu sisi mengajak wanita untuk memperjuangkan hak melalui suara emansipasi dan di bagian lain justru membiarkan wanita tetap terbelenggu dengan kebodohan dan ketrbelakangan. Untuk itu` Wanita Islam sebagai salah satu organisasi kewanitaan yang komit terhadap nasib kaum hawa di negeri ini, berupaya untuk mengatasi berbagai persoalan yang menghantui kaum wanita. Yakni meretas segala belenggu, baik belenggu budaya maupun berbagai pemahaman yang kolot. Sebab` hampir di semua lapangan kehidupan kaum wanita, tidak mendapatkan hak sebagaimana yang diperoleh kaum pria.
Demikian penegasan Ketua Umum PP Wanita Islam/WI Sri Harti Djauhari seusai membuka Konfrensi Wilayah Wanita Islam Kalbar Jum`at pagi (25/06/10). Menurutnya, Islam memberikan hak dan penghormatan yang tinggi terhadap kaum wanita. Namun` kondisi kaum wanita di Indonesia, “yang mayoitas muslimat, belum dapat tampil dan berperan secara maksimal. Untuk mengejar ketertinggalan dan meraih kesetaraan, tidak ada jalan lain yang ditempuh, kecuali meningkatkan pengetahuan. Sehingga kaum wanita islam mampu menjabarkan nilai – nilai Islam secara aktual, dan menjadi masukan maupun alternatif pandangan yang positif guna mendorong peningkatan peran kaum wanita.
Sementara itu` Gubernur Kalbar melalui Kepala Biro Sosial Sekretariat Daerah, Sri Jumiadatin mengharapkan Wanita Islam dapat memberikan nilai lebih, dalam bentuk peran maupun fungsinya bagi peningkatan kualitas kehidupan masyarakat. Kaum muslimat harus mampu menunjukkan karya nyata, meningkatkan dan memperat rasa persatuan dan kesatuan, sehingga kehidupan yang aman dan damai dapat terwujud di bumi Khatulistiwa. Lebih lanjut` Gubernur menghendaki Konfrensi Wilayah Wanita Islam yang digelar, dapat mempelopori dan menunjukkan kualitas sebagai umat pembawa perubahan dan pembaharuan bagi keluarga, bangsa dan negara. Di samping itu, juga diingatkan agar Pengurus Wilayah WI Kalbar, selalu memegang teguh fungsi utamanya sebagai Organisasi Sosial keagamaan.

0 comments:

Posting Komentar