Minggu, 30 September 2012

KPU KALBAR TETAPKAN CORNELIS – CHRISTIANDY PEMENANG PILGUB

KPU Kalbar Jum`at (28/09/12) malam secara resmi mengumumkan pasangan Cornelis – Christiandy Sandjaya/CC sebagai pemenang Pemilu Gubernur dan wakil gubernur Kalbar 2012.

Keputusan tersebut diambil menyusul hasil Rapat Pleno Rekapitulasi Penghitungan Perolehan Suara yang digelar KPU Kalbar, dimana pasangan CC unggul dalam perolehan suara dibanding 3 pasangan lainnya.

Dari 2.388.145 suara sah, pasangan Cornelis – Christiandy memperoleh 1.225.185 suara atau 52 persen. Kemudian pasangan Morkes Effendi – Burhanuddin A. Rasyid memperoleh 591.081 suara atau 25 persen dan pasangan Armyn Angkasa Alianyang – Fathan A. Rasyid memperoleh 361.744 suara atau 15 persen. Kemudian pasangan Abang Tambul Husin – Barnabas Simin memperoleh 172.026 suara atau 7 persen.

Berdasarkan pleno tersebut, maka Ketua KPU Kalbar Ahmad Rabiul Muzammil menetapkan pasangan Cornelis – Christiandy Sandjaya sebagai gubernur dan wakil gubernur Kalbar terpilih periode 2013 – 2018.

Sementara itu, di temui usai pleno, Gubernur terpilih, Cornelis mengajak semua pihak, terutama 3 kandidat lainnya untuk menghormati hasil pleno KPU. Dirinya pun berharap agar setelah pemilihan ini situasi di masyarakat yang sempat terkotak-kotak kembali akur, sehingga kondisi kembali seperti semula.

Terkait 3 saksi pasangan calon lain yang berkeberatan atas hasil pleno dan berencana mengajukan gugatan ke Mahkamah Konsitusi (MK), Cornelis tidak mempersoalkan. Lantaran gugatan bukan diarahkan pada kontestan, melainkan KPU sebagai penyelenggara Pilgub.

Secara umum, Rapat Pleno Rekapitulasi Penghitungan Suara yang berlangsung di Mahkota Hotel kemarin berjalan aman dan tertib. Rapat berlangsung dari pagi hingga malam di bawah pengawalan ketat dari aparat kepolisian, baik di dalam maupun di sekitar hotel. Hal ini bertujuan untuk menjaga berbagai kemungkinan yang dapat mengganggu jalannya rapat pleno.

Pasangan Cornelis – Christiandy Sandjaya merupakan satu – satunya kandidat yang menghadiri rapat pleno, sedangkan 3 pasangan lainnya hanya diwakili saksi dan Tim Pemenangan.

0 comments:

Posting Komentar