Jumat, 22 Juni 2012

PT.PN XIII TERUS EKSPANSI BISNIS

PT. PN XIII (Persero) terus melakukan ekspansi kegiatan usaha dengan memperluas areal tanam di berbagai daerah, termasuk di luar Kalbar. Bahkan, instruksi Menteri BUMN agar semua BUMN memperkuat dan memperluas jaringan usaha, kian mendorong PT. PN XIII melakukan pembukaan lahan secara besar – besaran baik di komoditas sawit maupun karet. 

Ditemui Kamis (20/06/12), Dirut PT.PN XIII Pontianak Baim Rachmat mengatakan, pada tahun 2012 ini pihaknya menargetkan pembukaan lahan perkebunan sawit seluas 10.800 ha dan perkebunan karet 1.000 ha. 

“Pola yang diterapkan tetap mengacu kemitraan dengan masyarakat. Perbandingannya 70 – 30,”ujar Baim. 

Sementara Tanaman belum menghasilkan (tbm) yang dalam pemeliharaan sekitar 16.000 ha dan replanting (peremajaan) sekitar 3.000 ha. 

“Bahkan, untuk mendukung produksi, PT. PN pada tahun ini juga memulai pembangunan 2 unit pabrik pengolahan CPO di Kaltim dan Kalsel, masing – masing dengan kapasitas 30 ton/jam, ”tambahnya. 

Baim menyebutkan pada tahun 2011 PT.PN XIII berhasil membukukan laba bersih sebesar 191 M, dimana sekitar 28 % merupakan setoran deviden ke Pemerintah pusat. 

Sementara untuk tahun 2012 ditargetkan laba kotor sebelum pajak mencapai 307 M dan laba bersih sebesar 230 M. 

“Sebagai tangung jawab terhadap pembangunan daerah, maka setiap tahun PT.PN menyisihkan sekian persen dari laba bersih untuk mendanai program CSR (Corporate Social Responsibility), Kemitraan dan Bina Lingkungan,”tegasnya.

0 comments:

Posting Komentar