Jumat, 08 Juni 2012

MORKES – BURHANUDDIN TOLAK BLACK CAMPAGNE

Pasangan Morkes Effendi – Burhanuddin A. Rasyid Jum`at (08/06/12) telah mendaftarkan diri ke KPU Kalbar, sebagai calon gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar. Mereka diterima oleh Ketua KPU Kalbar Ahmad Rabiul Muzammil, yang didampingi 4 komisioner KPU.

Berkas pencalonan diserahkan oleh Gusti Hersan Aslirosa, yang dilengkapi surat pernyataan dari parpol pengusung.

Pasangan Morkes – Burhanuddin diusung 5 parpol dengan perolehan kursi di DPRD Kalbar mencapai 20 kursi. Masing – masing partai Golkar 10 kursi, PKS 4 kursi, PAN 4 kursi, PBR 2 kursi. Sedangkan PKNU tanpa kursi. Dengan jumlah kursi tersebut pasangan Morkes – Burhanuddin memenuhi syarat, karena perolehan kursi melebihi batas minimal yang dipersyaratkan KPU yakni 9 kursi atau 15 % dari total 55 kursi DPRD Kalbar hasil Pemilu Legislatif 2009.

Kepada wartawan seusai mendaftar, Morkes mengatakan, dengan dukungan 5 parpol yang tergabung dalam koalisi, dirinya optimis dapat meraih suara terbanyak pada Pemungutan suara yang berlangsung 20 September 2012.

Secara tegas Morkes menolak segala bentuk Black Campagne dan mengajak para kandidat yang maju dalam Pemilukada untuk bertarung atau berkompetisi dengan politik santun. Hal yang sama juga diungkapkan Burhanuddin A. Rasyid. Meskipun dirinya tidak berani memperkirakan persentase perolehan suara, namun dengan strategi politik yang matang dirinya optimis mampu mendulang suara terbanyak.

Sementara itu, Ketua KPU Kalbar Ahmad Rabiul Muzammil menyebutkan pasangan Morkes – Burhanuddin A. Rasyid merupakan pendaftar kedua setelah Abang Tambul Husin – Barnabas Simin. Secara administratif keduanya memenuhi syarat, namun penetapan pasangan calon masih menuggu hasil verifikasi lebih lanjut.

Proses pendaftaran Morkes – Burhanuddin kemarin cukup sensasional. Mereka mengawali perjalanan menuju KPU dari Masjid Jami` Pontianak. Usai Shalat Jum`at Morkes – Burhanuddin diarak dengan musik Tanjidor menaiki kapal motor Galaherang menyebrangi sungai Kapuas menuju Taman Alun-Alun Kapuas. Dari Alun – alun, selanjutnya Morkes – Burhanuddin diiringi konvoi kendaraan menuju KPU Kalbar.  

0 comments:

Posting Komentar