Selasa, 01 Mei 2012

KOALISI PARPOL MERAPAT KE GOLKAR ?

Keputusan final Partai Golkar menetapkan Morkes Effendi – Burhanuddin A. Rasyid sebagai pasangan calon Gubernur – Wakil Gubernur Kalbar tahun 2012, menyisakan pertanyaan menyangkut arah politik koalisi 5 parpol yakni PPP, PAN, PKS, Partai Hanura dan PBR.
Pasalnya, Golkar mengklaim 4 parpol diantaranya telah memberikan sinyal positif untuk merestui Morkes – Burhanuddin yakni PAN, PKS, Partai Hanura dan PBR.
Dikonfirmasi Minggu (29/04/12), Sekretaris DPW PKS Kalbar Arif Joni Prasetyo, mengakui telah menerima arahan dari DPP untuk merapat ke pasangan Morkes – Burhanuddin, namun belum berupa instruksi secara formal. Saat ini DPW masih menunggu penetapan dari DPP, untuk selanjutnya diumumkan secara resmi kepada publik.
Menurutnya hal yang sama juga akan dilakukan koalisi dalam tindaklanjut kedepan, sesuai mekanisme masing – masing parpol. Meskipun masing – masing mempunyai otoritas, tetapi Arif Joni tidak berharap koalisi justru pecah, melainkan tetap solid dalam 1 barisan untuk merapat ke Golkar, memenangkan Morkes – Burhanuddin.
Hal senada juga diungkapkan, Ketua DPD Hanura Kalbar, Bahruddin Nahris, bahwa telah ada gambaran dari DPP dengan kecenderungan merapat ke Golkar. Jika keputusan final DPP telah diterima maka akan dikomunikasikan dengan di tingkat koalisi.  
Meskipun tidak menampik untuk menetapkan Morkes – Burhanuddin sebagai keputusan bersama dalam koalisi, masih memerlukan komunikasi politik lanjutan, namun Nahris optimis koalisi tetap solid dalam menentukan arah politik dalam Pemilukada Kalbar.
Sementara itu, Ketua DPW PAN Kalbar Ikwani A. Rahim tidak terlalu banyak berkomentar, dengan alasan belum menerima keputusan resmi dari DPP terkait penetapan Morkes Effendi – Burhanuddin A. Rasyid sebagai pasangan calon Gubernur – Wakil Gubernur Kalbar.
Golkar menjadi partai pertama yang telah menetapkan pasangan calon Gubernur – Wakil Gubernur Kalbar, tidak lama setelah membuka pendaftaran 29 Maret 2012 s/d 4 April 2012 lalu.  

0 comments:

Posting Komentar