Kamis, 08 Maret 2012

KPU Kalbar tunggu DP4 dari Disdukcapil

KPU Kalbar masih menunggu Daftar Penduduk Potensi Pemilih Pemilukada/DP4 dari Disdukcapil provinsi, untuk menyusun daftar pemilih yang merupakan tahap krusial dalam persiapan menjelang Pemilihan Gubernur tahun 2012.

DP4 menjadi dasar bagi KPU dalam menyusun daftar pemilih, dengan menyandingkan daftar pemilih Pemilukada terakhir di setiap Kabupaten Kota. Namun, untuk Kabupaten Kota yang belum menggelar Pemilukada dari tahun 2009 hingga tahun 2011, maka KPU menggunakan data DPT pada Pemilihan Presiden.

Ditemui Kamis (08/03/12), Komisioner Bidang Pemilih & Sosialisasi KPU Kalbar Muhammad Isa mengatakan, data pemilih ini kemudian dimutakhirkan oleh KPU Kabupaten Kota yang dibantu PPS dan PPDP untuk menyusun Daftar Pemilih Sementara/DPS selama 1 bulan TMT (24 April s/d 23 Mei 2012).

Tahapan berikutnya adalah verifikasi data dengan menyesuaikan data yang termuat di DPS dengan data dari lapangan.

Sebelumnya, Gubernur Kalbar, Cornelis MH. menekankan pentingnya penyiapan DP4 yang dilakukan Disdukcapil Kabupaten Kota, sehingga harus mengacu pada kaidah validitas data. Karena validitas data DP4 merupakan bagian integral dari penyusunan DPS maupun penetapan DPT.  
Selain penyusunan daftar pemilih, hal lain yang menjadi acuan KPU dari Disdukcapil adalah jumlah penduduk Kalbar. Pasalnya terdapat 2 versi menyangkut jumlah penduduk Kalbar yakni antara Disdukcapil dan BPS, yang sudah pasti berpengaruh terhadap pasangan calon yang maju melalui jalur perseorangan atau non partai.

Berdasarkan data BPS, populasi penduduk Kalbar sekitar 4,4 juta jiwa, sedangkan versi Disdukcapil menembus angka 5,1 juta jiwa.

Sedangkan syarat pasangan calon perseorangan maju dalam Pemilihan Gubernur Kalbar minimal mengantongi dukungan 5 % dari total penduduk dan minimal tersebar di 7 Kabupaten Kota.

Jika mengacu versi Disdukcapil maka pasangan calon perseorangan harus mendapatkan dukungan sekitar 250.000 penduduk, lebih banyak daripada jika menggunakan data BPS.  

0 comments:

Posting Komentar