Kamis, 29 Maret 2012

Camat & Kepala desa harus pro aktif

Menyongsong perhelatan akbar Pemilihan Gubernur Kalbar tahun 2012 yang tinggal menyisakan beberapa bulan lagi, sosialisasi demi suksesnya pesta demokrasi tersebut terus digencarkan Gubernur Kalbar Cornelis MH.

Termasuk mendorong para Camat maupun Kepala Desa agar lebih pro aktif, dengan memeriksa kembali jumlah penduduk di wilayah kerjanya masing - masing.

“Idealnya semua warga telah mempunyai bukti kependudukan berupa KTP, termasuk mereka yang tinggal di daerah pedalaman dan terpencil,” pinta Cornelis dalam Musrenbang Sintang Selasa (20/03/12).

 Ia mengakui, kesimpang-siuran data kependudukan seringkali menjadi sumber konflik dalam Pemilukada, dimana warga yang tidak terdaftar kemudian melakukan aksi protes.
Oleh karena itu, setiap Pemerintah Kabupaten Kota perlu mencermati persoalan ini, mengingat penyusunan Daftar Pemilih Sementara (DPS) maupun penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) oleh KPU mengacu data dari Disdukcapil Kabupaten Kota.

Cornelis menerangkan penyerahan Daftar Penduduk Potensi Pemilih Pemilukada/DP4 kepada KPU telah dijadwalkan 23 April 2012.

DP4 menjadi acuan bagi KPU dalam menyusun daftar pemilih yang merupakan tahap krusial dalam persiapan menjelang Pemilihan Gubernur tahun 2012. Sehingga penyiapan DP4 yang dilakukan Disdukcapil Kabupaten Kota, harus mengacu pada kaidah validitas data. Apalagi validitas data DP4 merupakan bagian integral dari penyusunan DPS maupun penetapan DPT.

0 comments:

Posting Komentar