Senin, 28 Maret 2011

TKBM DORONG KELANCARAN BONGKAR MUAT DI PELABUHAN

PONTIANAK. Koperasi Tenaga Kerja Bongkar Muat – TKBM Jasa Karya Pontianak terus berupaya meningkatkan kinerja, untuk memacu produktivitas bongkar muat peti kemas di Pelabuhan Dwikora Pontianak. Untuk itu, program kerja 2011 adalah mempercepat dan memperlancar kegiatan bongkar muat, demi mengejar target yang dibebankan Pelindo bahwa pelaksanaan bongkar muat harus sesuai dengan jadwal dan muatan.
Dihubungi Minggu (27/03/11), Wakil Ketua TKBM Jasa Karya Pontianak Sabirin Soni menyatakan, seiring peningkatan arus bongkar muat di pelabuhan, baik untuk kegiatan ekspor impor maupun pengapalan kargo antar pulau, disikapi dengan memberlakukan jadwal kerja hingga 24 jam yang dibagi menjadi 3 jadwal atau shift. Hal ini untuk menghindari terjadinya penumpukan peti kemas di areal penumpukan, yang merugikan pengusaha bongkar muat maupun menggangu arus lalu lintas barang di pelabuhan. Dengan berlakunya jadwal kerja 24 jam maka kegiatan bongkar muat di pelabuhan semakin cepat, hingga mencapai 15 boks per jam, mendekati target yang dibebankan PT. Pelindo antara 18 hingga 20 boks per jam. Di sisi lain, dengan cepatnya pekerjaan dituntaskan, maka juga menguntungkan para buruh angkut, karena pekerjaan mereka menggunakan sistem borongan.  
Lebih lanjut, Sabirin menyebutkan jumlah anggota TKBM saat ini mencapai 683 orang yang tergabung dalam 37 kelompok kerja, terdiri dari tenaga angkut barang dari kapal menuju dermaga. Peningkatan keahlian tenaga buruh terus dilakukan, sehingga sekitar 100 buruh diantaranya telah mengantongi sertifikat keahlian. Sesuai AD/ART yang mengacu pada 3 pointer yakni Kesejahteraan, Administrasi dan Asuransi – KAA, maka seluruh anggota TKBM telah diasuransikan, baik di Jamsostek maupun Jasa Raharja Putra.
Sabirin menambahkan, setiap anggota mendapatkan fasilitas dalam pekerjaan serta kesejahteraan, termasuk memperoleh THR, yang pada tahun ini masing masing anggota menerima sebesar Rp. 900. 000,. Saat ini, pihaknya masih menunggu realisasi kenaikan tarif pelayanan jasa bongkar muat, yang direncanakan Pemerintah mulai berlaku 2011.   




0 comments:

Posting Komentar