Minggu, 22 Maret 2009

PETANI PLASMA KECEWA ATAS KEGAGALAN LELANG

Pasca kegagalan lelang asset PT. Benua Indah Group - Big di Kabupaten Ketapang 3 hari lalu, ribuan keluarga petani plasma di wilayah perkebunan sawit diselimuti perasaan gelisah dan cemas akan nasib mereka kedepan. 
Sebelumnya mereka berharap Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang - KPKNL berhasil menggelar lelang, dan ada perusahaan perkebunan yang bersedia mengurus mereka seperti ketentuan yang dipersyaratkan. 
Namun 2 investor yakni PT. Bumi Raya Investindo dan PT. Citra Mandala Putra, yang sebelumnya berminat melanjutkan usaha di sektor perkebunan sawit ini, mendadak mengundurkan diri tanpa alasan jelas. 
Dihubungi via telpon Ketua Koperasi Serba Usaha – KSU Padat Karya di Ketapang Minggu sore (22/03/2009), Isa Anshari menyebutkan, "kini 13 ribu lebih keluarga petani sangat kecewa dan terpukul atas pembatalan lelang oleh KPKNL Jum`at lalu. 
Harapan mereka jika hutang tandan buah segar – tbs sawit selama 4 bulan terakhir yang belum di bayar PT. BIG, dapat dilunasi oleh perusahaan pemenang lelang sirna seketika. 
Isa Anshari menilai, "PT. BIG tidak punya keinginan untuk menyelesaikan masalah dengan cara damai, bahkan terkesan menantang. Sehingga para petani mengambil sikap dengan menempuh jalur hukum, yakni melaporkan manajemen PT. BIG ke pihak berwajib. Mereka menganggap perusahaan milik mantan anggota MPR RI Budiono Tan ini, telah melakukan tindakan penggelapan serta penipuan. Menurut rencana hal itu akan dilaksanakan pagi ini ke polres setempat, dengan membawa seluruh bukti yang berhasil dikumpulkan.

0 comments:

Posting Komentar